Blogger Writing Tools

Salah satu hal yang menyebalkan saat mau menulis di blog (aka posting) adalah user senantiasa harus login dulu. Dan adakalanya user mesti klik sana-sini dulu sebelum akhirnya menuju ke menu untuk mulai menulis. Nah, untungnya ada software (atau tools) yang bisa menyederhanakan pekerjaan menulis ini, dan bagusnya adalah tools ini sudah men-support mesin-mesin blog yang banyak digunakan saat ini, ada wordpress, blogspot, drupal, movable type, etc… Berikutnya, saya sebut aja tools menulis ini dengan istilah Blogger Writing Tools.

Afaik, yang duluan terkenal itu adalah Performancing. Software ini merupakan add-on dari browser Mozilla Firefox, imho cara pakenya gampang sekali, cukup install add-on tersebut di Firefox, lalu jalankan dengan menekan tombol F8. Salah satu fitur yang saya rasa sangat bermanfaat adalah software ini men-support upload gambar via API, dia juga bisa menampilkan history postingan kita dalam struktur yang sangat nyaman untuk digunakan, demikian juga dengan list category-nya yang juga terstruktur dengan rapi.

Performancing ini kemudian berganti nama jadi ScribeFire. Jadi kalo nemu add-on Firefox yang namanya ScribeFire ya isinya Performancing juga, atau dengan kata lain, versi update dari Performacing = ScribeFire. Info lebih lanjut, silakan berkunjung ke situs resminya di www.performancing.com dan www.scribefire.com.

image

Berikutnya ada Deepest Sender, juga merupakan add-on Firefox. Cuman entah kenapa saya kurang srek dengan tampilannya, terutama list category yang ditampilkan dalam menu drop-down juga history posting yang tidak langsung tampil, melainkan harus didownload dulu lalu ditampilkan dalam windows yang terpisah, dan saya juga tidak menemukan cara upload gambar via API (cmiiw). Info lebih lanjut ada di deepestsender.mozdev.org.

image

Yang terakhir namanya BlogJet.. beda sama 2 diatas, yang ini merupakan software yang berdiri sendiri alias bukan add-on-nya Firefox. Imho, ini software yang paling nyaman buat urusan tulis menulis di blog. Software ini support upload gambar via API, manajemen link yang bagus, struktur tampilan category yang mudah digunakan, dan lain sebagainya. Cuman sayangnya software ini termasuk shareware alias tidak gratis. Versi trialnya ada di www.blogjet.com.

image

Dan masih banyak lagi software-software atau tools lainnya, pengennya review semua, cuman apa daya, lagi-lagi semua ke-isengan ini terbentur dengan rutinitas pekerjaan sehari-hari :)

 

Comments 4

Leave a Reply