Home  |  About  |  Publication  |  TechNet Wiki


Booting via USB pada VMware Workstation

Software virtualisasi desktop seperti VMware Workstation, VirtualBox, Virtual PC, dlsb. merupakan salah satu sarana yang bisa kita gunakan untuk melakukan testing terhadap sebuah software tertentu, karena dengan virtualisasi ini maka testing yang kita lakukan jelas tidak akan merusak sistem komputer fisik karena testing hanya dijalankan di lingkungan virtual saja yang memang terpisah dari sistem komputer fisik.

Sayangnya beberapa software virtualisasi desktop, misalnya seperti VMware Workstation tidak dapat melakukan proses booting lewat port USB. Misalnya saja jika kita ingin mencoba untuk melakukan instalasi OS dengan source yang berasal dari media flashdisk atau hardisk eksternal, maka kita tidak dapat melakukannya. Hal ini disebabkan rutin USB pada VMware yang baru mau dijalankan setelah MBR dilewati. Sebetulnya hal ini cukup aneh mengingat seting BIOS pada VMware yang memungkinkan kita untuk memilih boot dari USB namun kenyataannya malah fitur ini tidak dapat digunakan.

Sebagai solusinya agar kita tetap dapat melakukan booting lewat USB pada VMware ini maka kita harus menggunakan bantuan tools lain, yaitu sebuah boot manager yang disebut dengan Plop. Para pengguna sistem operasi Linux mestinya sudah familiar dengan Plop ini :)

Nah agar lebih jelas, berikut ini uraian langkahnya agar kita bisa melakukan proses booting lewat USB pada VMware Workstation. Versi VMware yang saya gunakan pada tulisan ini adalah VMware Workstation v8.0.0 build-471780. Untuk versi lainnya Anda dapat mencobanya sendiri :)

Hal pertama yang harus dilakukan adalah men-download Plop. Downloadlah versi Plop yang paling baru dan jangan khawatir dengan ukurannya karena cukup ringkas, yaitu sekitar 2.5 MB. Berikut ini tautannya: 
http://www.plop.at/en/bootmanager/download.html

Setelah proses download selesai, ekstrak keseluruhan file lalu cari file yang bernama PLPBT.ISO. Salin file tersebut ke folder pilihan kita (bebas).

Berikut jalankan VMware Workstation. Pada VM yang menjadi VM testing kita, masuklah ke bagian Virtual Machine Setings. Lalu pada bagian USB Controller, pastikan tiga buah seting pertama diaktifkan seperti tampak pada gambar berikut ini.

image

Lalu pada bagian CD/DVD (IDE), pilih Use ISO image file dan arahkan ke file PLPBT.ISO yang sudah disalin sebelumnya.

image

Klik OK untuk menutup jendela Virtual Machine Settings ini.

Langkah selanjutnya adalah pasang flashdisk / hardisk eksternal yang bootable ke port USB. Sebagai contoh saya memasang flashdisk yang berisikan mOBSCENE21′s Multi-Boot USB v4.0 (16 GB). Lalu jalankan VM testing kita dan tekan tombol ESC untuk menampilkan Boot Menu VMware Workstation.

image

Pastikan CD-ROM Drive berada diurutan pertama lalu tekan Enter. Berikutnya Boot Menu Plop akan ditampilkan seperti tampak pada gambar berikut ini.

image

Pada tampilan ini, aktifkan dulu port USB pada VMware, yaitu dengan meng-klik menu VM –> Removable Devices –> (Identitas Flashdisk Terpasang) –> Connect (Disconnect from Host).

image

Atau bisa juga dengan mengklik icon Removable Devices di status bar bagian bawah, yaitu icon yang menunjukan identitas flashdisk yang kita gunakan.

image

Pilih Connect (Disconnect from Host) pada menu yang ditampilkan.

image

Jika sudah aktif maka icon Removable Devices tersebut akan menyala seperti tampak pada gambar berikut ini.

image

Kembali ke tampilan Boot Menu Plop, pilih USB lalu tekan Enter.

image

Tunggu beberapa saat, dan hasilnya kita sudah berhasil melakukan proses booting lewat USB pada VMware Workstation :)

image

Demikian dan mudah-mudahan tulisan singkat ini ada gunanya :)

May 21st, 2012   |   Posted in Bootable, Software, Tools, Virtualization, VMware Workstation