Cara Cepat Membuat Kalendar pada Microsoft Excel

Pada tulisan sebelumnya, Anda dapat melihat betapa mudahnya membuat kalendar dengan bantuan template yang disediakan Microsoft. Jika Anda pengguna setia Excel dan masih belum puas dengan template kalendar yang disediakan oleh Microsoft tersebut, Anda dapat mencoba cara lainnya, yaitu dengan memanfaatkan sebuah freeware kecil untuk men-generate kalendar pada aplikasi Excel secara otomatis. Freeware ini bernama XLCalendar, kompatibel dengan Excel 2003, Excel 2007 hingga Excel 2010 (Beta). Ukurannya hanya sekitar 900 KB dan dapat Anda download di situs resminya di: http://www.ljzsoft.com/excel-calendar.htm

xlcalendar

Cara menggunakannya juga sangat mudah sekali.

  • Install freeware tersebut lalu jalankan. Berikutnya akan tampil kotak dialog utama dari freeware ini.
  • Pada kotak dialog ini, Anda dapat memilih kalendar untuk masa 1 tahun atau berdasarkan tanggal tertentu saja. Tahun kalendar juga dapat Anda pilih pada bagian Year. Dan pada bagian Template File Anda dapat memilih beberapa template yang disediakan oleh freeware ini.
  • Pengaturan yang lebih detail dapat Anda lakukan dengan meng-klik tombol Modify untuk membuka kotak dialog Modify Parameters.
  • Setelah semua pengaturan selesai, klik tombol Generate pada kotak dialog utama untuk menyetujuinya.
  • Jika diinginkan, hasil akhir ini tentu saja dapat Anda rubah lagi.

Mudah-mudahan tulisan singkat ini ada gunanya dan Selamat Tahun Baru 2010 :)

 

Leave a Reply