Cara Mengetahui Versi / Build Number Windows

Sejalan dengan dirilisnya Service Pack 1 RTM untuk Windows 7 dan Windows Server 2008 oleh Microsoft, mungkin kita ingin mengetahui Versi serta Build Number lengkap dari Windows yang kita gunakan, baik sebelum maupun sesudah meng-install SP1 tersebut. Ada 2 cara yang dapat kita gunakan. Cara yang pertama sangat mudah, yaitu dengan menggunakan perintah WinVer. Perintah ini bisa kita ketikan lewat Command Prompt Windows atau bisa juga lewat kotak dialog Run. Jika kita jalankan perintah ini, hasilnya Windows akan menampilkan sebuah kotak dialog yang memuat keterangan versi berikut build numbernya seperti tampak pada gambar berikut ini. Dapat dilihat bahwa Windows yang saya gunakan adalah versi 6.1 dengan Build Number 7601: Service Pack 1.

image[2]

Namun jika kita lihat, versi maupun build number yang ditampilkan pada kotak dialog tersebut kurang lengkap. Untuk melihat lengkapnya, kita dapat menggunakan cara kedua yaitu dengan melihat entri registri tertentu lewat Regedit. Jalankan regedit dengan mengetikan perintah regedit pada kotak dialog Run. Setelah kotak dialog Registry Editor ditampilkan, buka bagian registry berikut ini:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion

Perhatikan di bagian sebelah kanan, kita akan mendapatkan versi dan build number lengkap dari Windows di bagian BuildLab dan BuildLabEx seperti tampak pada gambar berikut ini.

image[5]

Dari gambar tersebut dapat dilihat bahwa versi maupun build number Windows 7 yang saya gunakan sudah menunjukan Service Pack 1 versi RTM, yaitu:

  • BuildLab: 7601.win7sp1_rtm.101119-1850
  • BuildLabEx: 7601.17514.amd64fre.win7sp1_rtm.101119-1850

image[8]

Demikian dan mudah-mudahan tips singkat ini ada gunanya :)

 

Leave a Reply