Charger USB Nokia 3310

Ngecas ponsel di kantor lama-lama repot juga, terutama kalo sudah cari-cari colokan listrik, belum lagi kemana-mana mesti bawa adaptor charger yang ukurannya tidak kecil, sementara nyaris sebagian besar waktu kerja dihabiskan didepan komputer. Lama-lama jadi kepikiran buat bikin charger ponsel via komputer, dan yang paling memungkinkan adalah menggunakan port USB.

So, langkah awal adalah saya siapkan charger ponselnya sekalian bongkar-bongkar barang bekas dirumah buat nyari kabel USB bekas, untungnya nemu beberapa potongan kabel USB, entah bekas apaan.

charger nokia usb 01

Lalu charger dan potongan kabel USB tersebut saya giring ke “tempat operasi khusus”.

charger nokia usb 02

Kabel charger saya pisahkan dari adaptornya alias dipotong jadi 2 bagian lalu dikupas. Kabel USB-nya saya kupas juga. Setelah dikupas, akan jelas terlihat bahwa output charger ada 2 jalur, yaitu jalur +5volt dan Ground. Sementara output kabel USB ada 4 jalur, yaitu +5volt; Data(-); Data(+); dan Ground.

charger nokia usb 03

Biar gak salah ambil jalur, saya mesti mencari dulu jalur yang benar untuk kabel USB tersebut, mana jalur +5volt dan yang mana jalur Ground (jalur data tidak dipergunakan). Disinilah gunanya alat yang bernama Multitester.

charger nokia usb 05

Setelah jalur kabel saya temukan, saya tinggal menyambungkan kabel USB dengan potongan kabel charger tadi. Tentu saja jalur +5volt dari kabel charger dihubungkan dengan jalur +5volt dari kabel USB dan demikian juga dengan jalur Ground-nya. Lalu sambungan jalur saya solder agar tidak mudah lepas. Langkah terakhir saya beri selotip biar rapih. Dan sampai tahap ini charger udah jadi, cara pakenya ? tinggal saya sambungkan saja ke port USB saat PC sedang dinyalakan.

charger nokia usb 07

Lalu adaptor charger aslinya diapain ? kayanya sayang kalo mesti dibuang. Dengan cara yg. sama, adaptor charger tersebut saya hubungkan dengan kabel USB juga, tapi kali ini saya gunakan port USB yang tipe femalenya.

charger nokia usb 09

Sekarang semuanya sudah beres. Ponsel ini bisa dicas dengan adaptor ataupun dengan menggunakan port USB di PC. Hanya yang penting, sekarang ke kantor saya gak usah bawa-bawa charger lagi, cukup bawa sepotong kabel USB aja.

Comments 13

  • Bagus….. tp klu usb langsung ke hp tanpa tambahan komponen lain sedikitpun apa gak ngrusak hp tuh… Jgn2 mo kreatif malah hp jebol. mhn kajiannya mz arhiez…!

    • secara logika gak akan ngerusak, karena tegangannya dibawah tegangan standar yg dibutuhkan oleh hp tersebut.. tapi secara teori entah juga.. :-)

      cuman kalo kita lihat device2 semacam smartphone / pda-phone, rata2 ada kabel datanya dan kabel data tersebut digunakan juga untuk ngecas.. padahal cuman kabel doang alias gak ada komponen apapun lagi.. :-)

      cmiiw…

  • @sgt: setuju bro.. :D
    maksudnya converter port USB ke port serial..?? afaik gak bisa, karena pin2-nya beda peruntukannya, mesti pake adapter lagi.. :)
    kalo untuk bedain pin2 usb, bisa diliat diagramnya disini:
    http://www.zytrax.com/tech/pc/serial.html
    trus sekedar tambahan, pinout juga ada wikipedia-nya, disini:
    http://www.allpinouts.org/index.php/Main_Page
    ok.. mudah2an membantu..

  • massss….!!! barusan kejadian ni ma a….
    chargeku Rusak… T.T
    sdangkan mau aku coba2 sambung ma USB….
    eee G keOikiran cr diGogLe cara nyambungin kabeLnya…..
    maLah kabeL chargeku udah kepoTong mpe Abis (steLah dr bbrapa percobaan dg cr tebak2 kabeL outputnya yg mn….) abis G ada mutitester… T.T

    • tergantung hape-nya bro, dan kayanya hape2 skrg sudah gak bisa lagi pake cara langsung kaya gitu, mengingat tegangannya udah bervariasi..

      btw, saat saya nulis posting ini sekitar tahun 2006, charger usb untuk hp masih teramat sangat jarang, kalaupun ada harganya masih relatif mahal, tapi skrg berhubung pengguna hp udah banyak, rasanya charger usb untuk hp udah banyak ditemukan di pasaran, dan harganya pun murah2.. so… kayanya mending beli aja deh… :D

  • Nyasar ternyata banyak manfaatnya…setuju?
    Boss, dgn cr yg sm bisa gak kalo buat sendiri
    converter USB to Serial?
    Cara beda`in 4 kabel usb gmn (idem soalnya Yono diatas)?
    Disambung ke pin berapa aja di Serialnya?
    Tks.

  • @ Dimas.. thx buat koreksinya, bener memang output USB itu 5Volt.. :-)

  • Kang rasanya ada yang salah tuh, USB kabel nggak ada yang +12 volt, yang ada cuma +5 volt.
    sekedar koreksi saja.
    Maaf bila kata-katanya yang membuat tidak enak hati.
    Trims.

  • Kang minta tolong cara bedain 4 jalur yang ada di kabel USB gimana? saya mo nyoba bikin charger USB bt nokia 3110 classic,saya kurang paham multitester

  • Mo disatuin, soalnya handsfree w800 earphonenya enak, begitu setel musik,dari luar gak kedengeran apa2 lagi. Motorola gak punya handsfree pake earphone kaya gitu

  • tong lamun keur simens sarua cara nyieuna???

  • mau diapain ‘bi hansfri dan mini usbnya..??
    dipotong jadi 2 bagian..??
    heuheuheu… :-)

    afaik, gw gak tau bentuk hansfri w800 dan kabel mini usb motorola itu
    hargenye 10rb s.d. 15rb di bec…
    imho… no need to hack… :-)

  • Bisa nitip gak?
    Handsfree punya sony ericsson seri w800 sama mini usbnya Motorola Razr V3i?

    Guwa serius.

Leave a Reply