Debu dan Panas = Restart PC

PC lawas bermesin Chaintech + Athlon-XP 2100 + 2GB RAM yang setia menemani saya hampir 3 tahun lamanya menunjukan gejala aneh, selang beberapa saat setelah digunakan selalu me-restart sendiri secara otomatis. Kecurigaan pertama langsung tertuju pada OS Windows XP yang memang sudah lama gak pernah diurus. Akhirnya dicoba install ulang. Proses instalasi sukses, tapi setelah itu problemnya masih muncul alias masih tetap suka restart sendiri. Berarti masalahnya bukan pada Windows dan berdasar pengalaman pribadi, jika instalasi OS terutama Windows XP sukses, maka hampir dipastikan bahwa Processor, Motherboard dan RAM bekerja dengan baik (cmiiw). Jadi untuk sementara saya anggap ketiga komponen utama itu masih berfungsi dengan baik pula.

Kecurigaan kedua tertuju pada suhu Processor. Maklum saja, berhubung mesinnya AMD, maka faktor suhu yang terlalu panas adalah sebuah hal yang teramat sangat penting untuk diperhatikan. Dan langkah pemeriksaan suhu yang saya lakukan adalah sebagai berikut:

  • Saya buka casing dan menghidupkan PC, lalu saya perhatikan bahwa semua Fan yang terpasang (sekitar 8 buah Fan) semua dalam kondisi hidup alias tidak ada yang mati. Gejala putaran Fan lemah yang biasanya diikuti dengan noise saat Fan berputar juga tidak ditemukan, artinya semua Fan tampaknya berfungsi dengan normal.
  • Kemudian saya ingat menu PC-Health di BIOS yang berfungsi untuk memantau suhu pada beberapa komponen utama PC. Di menu PC-Health tersebut terlihat bahwa RPM Fan untuk processor normal, yaitu sekitar 3800 RPM, tapi suhu Processornya menunjukan angka fantastis, yaitu 82C !! angka ini jauh melebihi ambang batas suhu yang diperkenankan untuk processor AMD Athlon-XP yaitu sekitar 60C.

So.. inilah pangkal masalahnya, yaitu system pendingin untuk Processor yang tidak bekerja dengan sempurna walaupun Fan berputar dengan normal, ditambah lagi udara di Bandung yang akhir-akhir ini memang sedang panas-panasnya hingga membuat Processor menjadi sangat kegerahan.

Sekarang tampaknya casing berikut seluruh komponennya harus dibongkar, karena jika Fan processor bekerja normal, maka permasalahannya mestinya terletak pada Heatsink-nya, mungkin saja dudukannya bergeser sehingga tidak tepat menempel atau mungkin juga karena Thermal Pastenya sudah terkikis habis.

Akhirnya proses pembongkaran dilaksanakan. Banyak sekali debu berterbangan. Dan satu persatu komponen pun dilepas dengan seksama, demikian juga dengan Processor berikut HSF-nya dilepas, hingga akhirnya terlihatlah biang keladi semua masalah ini, yaitu debu !!

chaintech_01

chaintech_03

Ternyata akibat PC yang memang sudah lama sekali tidak pernah dibongkar ini mengakibatkan bertumpuknya debu dimana-mana. Dan yang jelas terlihat adalah tumpukan debu diatas HSF Processor. Debu ini jelas menghalangi udara yang dialirkan Fan agar Heatsink tetap dingin.

chaintech_02

Debu juga bercokol di seluruh penjuru casing, bahkan di komponen lainnya, termasuk di HSF Graphic-Card.

chaintech_04

Debu tersebut jelas harus dibersihkan. Cara membersihkannya cukup dengan cara konvensional, yaitu menggunakan kuas untuk cat, namun tentu saja saya pilih yang bulunya halus agar tidak merusak komponen. Lalu setelah dibersihkan dengan kuas, saya semprot dengan alat khusus yang mengalirkan udara vacuum, andai gak ada alatnya, ditiup juga bisa koq, asal kuat aja sama debunya :D

Dan setelah dibersihkan, komponen-komponen PC jelas tampak cantik lagi seperti sediakala.

chaintech_05

chaintech_06

Lalu bagaimana dengan problem restartnya ? tentu saja sudah tidak saya temukan lagi. Suhu processor juga kembali normal, yaitu sekitar 50C s/d 60C dalam kondisi full-load. Dan yang penting sekarang PC sudah dapat saya gunakan lagi seperti biasa, tanpa ada problem apapun.

Comments 7

  • makasih bro aku bisa tmbah pengalaman

  • makasih atas catatannya, aku bisa tambah pengalaman ne…

  • penyebab apa saja yang di akibat kan fan prosesor gg lancar.. atau mati..dan pengaruh debu.. pada komponen komputer …kiat akan komputer selalu sehat.. dan awet… sebelumnya thank atas jawabanya..

    • kalo untuk fan processor maupun fan2 lainnya yg. ada pada komputer, kayanya debu masih musuh utama :-) kemungkinan lainnya bisa juga karena fan tersebut memang sudah berumur sehingga putarannya makin melemah…
      biar komputer tetap awet, ya salah satunya mesti dijaga dari debu + rajin2 ditengokin dalemannya.. pastikan juga agar komputer selalu berada pada ruangan yg. suhunya tetap terjaga..
      oks…

  • Koq bisa yah ada debu sebanyak itu dalam casing.
    Hmm… eh kukira PC ku lebih tua..
    Prosesornya masih Cyrix 155+, Memori 64 Mb, HD 2,1 GB… wekekekekekek.. gak tega membuangnya, soalnya punya jasa banyak di masa lalu..!!

  • huaaaa… komputer gw yang setia malah udah mokat… fubar kalo kata bejo, f*ck up beyond all repairs.. masalahnya aneh pisan.. mobo/prosesor/memori dkk nyala sih… normal ga ada yang rusak. tapi inputnya yang gawat.. dan kenapa rusaknya pas lagi perlu coba :(( speknya mirip2, mobo ABIT KD7, prosesor athlonxp2100+@2 GHz, fan thermaltake volcano 12 extreme, memori 512 MB.

    pertama2 mosnya rusak.. gw kira mosnya yang rusak n langsung beli mos usb.. jalan lagi. ternyata beberapa hari kemudian port keyboard rusak.. jadi kayak ada tombol yang keteken terus.. alhasil ga biosa ngapa2in, masuk bios pun ga bisa. dicopot keyboard, si mobo teuteup beranggapan kalo ada keyboard terpasang.. dan opkors tombolnya keteken terus.. sehingga kompie gw berbunyi bipbipbipbipbip, ga bisa masuk OS apapun.. ga ada gunanya :(

    udah dibersihin, diperhatikan dst gak bisa juga.. akhirnya gw gerilya ke BEC cari mobo pengganti.. crap! udah nggak ada yang jual mobo soket A :(.. karena butuhnya cepet, gw akhirnya beli prosesor intel D 915 sama mobonya yang paling murah asus P5PE-VM. total 1,5 JT.. pake duit buat registrasi kuliah :)) setelah gw liat2 reviewnya ternyata pentium D 915 sucks… T_T tapi nggak apa2.. price/performancenya masih termasuk tinggi.

    sekarang gw jadi punya prosesor nganggur sama HSF .. hsfnya keren lho, full copper.. sayang klipnya cuma buat soket A.. ada sih counterpartnya yang seri polo735. bentuk sama persis cuman dia nyediain berbagai macam klip sampai soket 939 dan soket LGA775. tapi lebih mahal 50rb dulu.. huhuhu kenapa gw ga beli yang itu aja T_T *baru nyesel sekarang*

    eh memori 2 GB yak.. kekeke… kapan mau dijokul dengan murah? :)~~ *masih 512 MB* yayaya harusnya gw nulis blog sendiri .. tapi apa daya gw nggak bisa nulis dengan baik ^^;;

Leave a Reply