Error pada Windows Live Writer (beta 2)

Windows Live Writer (WLW) ini sebetulnya sudah agak lama nangkring di hardisk, awalnya saya gak tau ini software buat apaan, taunya setelah ngobrol sama Rully, partner kerja di kantor, yang begitu hebohnya cerita kalo dia udah melupakan TinyMCE buat nulis posting di blog-nya.

Imho, WLW ini sebetulnya emang bagus dan punya fitur yang bisa dibilang komplit untuk urusan tulis menulis di blog, sayangnya buat mesin WordPress (dan mungkin juga beberapa mesin blog lainnya), masih ditemukan adanya beberapa error yang cukup sangat mengganggu, diantaranya adalah error saat merefresh list category yang ada.

Error lainnya yang cukup mengganggu adalah WLW menolak untuk menambahkan account karena adanya kesalahan respon dari XmlRPC server. bunyi error tersebut adalah sebagai berikut:

“An error occurred while attempting to connect to your weblog:
Invalid Server Response = The response to the blogger.getUsersBlogs method received from the weblog server was invalid: Invalid response document returned from XmlRpc server You must correct this error before proceeding”

wlw-error

Dari hasil googling, error ini “katanya” terjadi karena adanya bug yang terdapat di PHP-engine 5.2.2 berkaitan dengan tidak adanya respon dari XmlRpc. jika layanan hosting yang kita gunakan menggunakan PHP-engine versi ini, maka kemungkinan besar error2 tersebut akan muncul.. Lantas bagaimana solusinya? cukup cari file xmlrpc.php di tempat kita menaruh file-file WordPress, edit lalu tambahkan script berikut ini di baris paling atas.

$HTTP_RAW_POST_DATA = file_get_contents(”php://input”);

Namun solusi tersebut belum tentu menjadi jaminan, toh program ini baru sampai tahap beta 2 dan masih agak jauh dari versi final-nya, jadi wajar-wajar saja bila masih ditemukan error disana-sini..

Mudah-mudahan di versi finalnya tidak akan dijumpai lagi error seperti ini, karena imho, WLW ini tampak sangat menjanjikan, terutama dengan adanya dukungan yang luas untuk berbagai jenis blog-engine yang umum digunakan saat ini.

 

Leave a Reply