Fitur Export / Import pada WordPress 2.1

Saya baru saja sadar, blog ini sekarang memang sudah bermesin wordpress 2.1, namun karena fresh install hasilnya blog ini malah jadi kosong.. :( Doh, jadi inget tulisan2 yg. dulu, bukan karena tulisan2 tersebut berguna, tapi karena lumayan juga capek ngetiknya :) Hal pertama yg. terpikirkan adalah memindahan data mysql dari blog yg. dulu ke blog yg. sekarang, tapi apa bisa..?? gimana juga dgn. kompatibilitasnya..??

wp-wall4

Untungnya saya ingat, bahwa salah satu fitur baru di wordpress 2.1 adalah adanya fasilitas untuk export/import data postingan kita, berikut komentar serta kategorinya. Bahkan fitur ini “katanya” juga bisa untuk export/import data dari mesin blog yg. lain. Dan setelah saya periksa, ternyata memang benar ada, fasilitas tersebut terletak pada sub-menu manage.

image

Transaksi export/import data menggunakan file xml yg. ukurannya relatif kecil, dan memang benar adanya bahwa fitur ini juga bisa digunakan untuk mesin blog yg. lainnya.

image

Tapi fasilitas export/import ini adalah fitur baru di wordpress 2.1, artinya pada wordpress versi sebelumnya fitur ini dipastikan tidak ada..!! Lalu sejenak saya lihat pada wordpress 2.03, dan disana memang hanya ada fasilitas import yg. berada langsung pada menu utamanya. Perintah import ini juga hanya bisa digunakan untuk meng-import data dari mesin blog yg. lain dan bukan wordpress..!!

image

So..?? jgn. dulu putus asa. Internet punya google, dan dari google kita bisa terhubung ke berbagai forum dan blog yg. mungkin saja salah satunya mengulas masalah export/import data ini. Dan setelah googling kesana-kemari, akhirnya masalah ini terpecahkan juga. Ternyata ada juga plugin untuk membuat fasilitas export/import pada wordpress sebelum versi 2.1. Plugin ini namanya wordpress to wordpress import v2.0. Plugin ini dapat didownload dari blognya technosailor.
Cara menggunakan plugin ini juga relatif mudah, yaitu:

  • Download pluginnya terlebih dahulu ke hardisk lalu ekstrak ke folder baru
  • Upload file wp-xmlmigrate.php ke folder wp-content/plugins/
  • Upload file wordpress.php ke folder wp-admin/import/ (menimpa file wordpress.php yg. lama)
  • Login sebagai admin dan aktifkan pluginnya

Setelah plugin diaktifkan, akan muncul sub-menu tambahan di menu manage, yaitu menu export dan import. Dari namanya sudah jelas, bahwa menu export digunakan untuk meng-export data wordpress (atau mesin blog yg. lain) kedalam format xml lalu menyimpannya di hardisk lokal. Sedangkan menu import digunakan untuk meng-import data xml tadi ke wordpress.

Nah, berkat bantuan plugin ini, akhirnya tulisan yg. dulu2 bisa muncul kembali. Hail to Matt Mullenweg dan Aaron Brazell yg. telah bersusah payah menciptakan plugin ini.

Sekedar catatan, fasilitas export/import yg. terdapat pada wordpress 2.1 maupun dgn. menggunakan plugin, hanya menangani data teks saja, artinya data berupa gambar tdk. diikutsertakan dalam proses export/import tersebut. Mungkin perlu bbrp. penyesuaian link untuk gambar2 tsb., kecuali jika gambar diletakan di tempat hosting gambar lain diluar wordpress, misalnya imageshack, photobucket, dlsb.

 

Comments 4

Leave a Reply