Fitur Tab pada Chat Windows Yahoo! Messenger

Chatting dengan Yahoo! Messenger itu memang menyenangkan, yang tidak menyenangkan adalah tampilan Chat Windowsnya yang berdiri sendiri-sendiri alias terpisah satu sama lain. Bayangkan jika saja saya sedang chat dengan beberapa orang sekaligus, maka sudah dapat dipastikan bahwa desktop Windows saya akan penuh. Google Talk, program messenger punya Google ini punya solusinya, yaitu Chat Windowsnya dibuat dalam bentuk Tab seperti halnya browser Mozilla Firefox, dengan demikian desktop akan senantiasa bersih karena hanya ada satu windows saja yang terbuka. Nah, dapatkah kita menggunakan fitur Tab ini pada Yahoo! Messenger ? ternyata bisa, caranya adalah dengan menambahkan entri registry baru pada Windows.

Cara yang paling cepat  adalah dengan menggunakan Registry Editor bawaan Windows, namun untuk mencegah kesalahan editing registry yang bisa berakibat cukup fatal, maka saya gunakan cara lain, yaitu membuat sebuah file Registry dengan Notepad. Pada Notepad saya ketikan script sederhana seperti berikut ini:

Windows Registry Editor Version 5.00
[HKEY_CURRENT_USER\Software\Yahoo\pager]
“Tabbed IM”=dword:00000001

Save dengan nama file “YM-TAB.REG” (gunakan tanda kutip untuk mencegah Notepad menyimpan file tersebut dalam format TXT). Langkah selanjutkan adalah menjalankan file YM-TAB.REG tersebut, caranya cukup dengan klik dua kali pada Windows Explorer.

Windows kemudian akan meminta konfirmasi, tekan Yes lalu tunggu beberapa saat hingga muncul keterangan bahwa registry telah dimasukkan.

Selesai sampai disini, tinggal saya jalankan program Yahoo! Messenger seperti biasa. Dan sekarang saat saya melakukan chatting dengan beberapa teman, tampilan Chat Windowsnya akan terlihat lebih rapih dan tidak bertebaran lagi di desktop Windows.

Berikut ini adalah tampilan beberapa Chat Windows tanpa fitur Tab, sangat berantakan dan terlihat memenuhi desktop windows.

Dan berikut ini adalah tampilan beberapa Chat Windows dengan fitur Tab, rapih dan tidak berantakan lagi.

Catatan:
Tweak ini saya coba pada Yahoo! Messenger versi 8.1.0.209.

 

Comments 8

Leave a Reply