Instalasi Oracle Primavera Professional secara Standalone


Oracle Primavera adalah salah satu software / tools untuk mengelola project yang relatif banyak digunakan terutama di kalangan industri. Berbeda halnya dengan Microsoft Project, Primavera memang dirancang untuk digunakan di kalangan Enterprise, oleh karenanya data-data project pada Primavera disimpan dalam sebuah database yang terpisah, hingga banyak pengguna yang hendak mencoba Primavera ini kesulitan saat melakukan instalasi, karena dalam rutin instalasinya memang kita diminta untuk merujuk ke server database tertentu untuk menyimpan data-data project kita.

Lalu bagaimana jika kita ingin menggunakan Primavera secara Standalone atau dengan database yang tersimpan secara lokal di Laptop atau Komputer kita? Caranya sebagai berikut.

Jalankan rutin instalasi seperti biasa, yaitu dengan menjalankan file setup.exe dari source instalasi Oracle Primavera.

Edisi Oracle Primavera yang sempat saya coba untuk digunakan secara standalone adalah Oracle Primavera Professional Project Management. Dalam tulisan ini, versi yang saya gunakan adalah Oracle Primavera P6 Professional Project Management 17.7.0.0.0.

Pilih Typical lalu klik tombol OK.

Klik tombol Install.

Proses instalasi akan mulai dijalankan. Tunggu hingga selesai.

Berikutnya pilih opsi Run Database Configuration lalu klik tombol OK.

Pada opsi P6 Professional driver type, pilih P6 Pro Standalone (SQLite) lalu klik tombol Next.

Pilih Add a new standalone database and connection lalu klik tombol Next.

Pada layar berikutnya, isikan Login Name, Personal name, serta Password yang diinginkan. Jika perlu kita juga bisa sekaligus mengatur mata uang yang akan digunakan dalam project kita pada bagian Base Currency. Lanjutkan dengan meng-klik tombol Next.

Pada jendela berikutnya, kita bisa menentukan lokasi untuk menyimpan database Project kita, yaitu pada pilihan File Name. Pilihan Load Sampe Dat bisa kita pilih juga jika kita ingin Primavera untuk memuat contoh-contoh project sebagai bahan pembanding atau bahan pembelajaran kita. Klik tombol Next untuk melanjutkan.

Pada jendela berikutnya akan ditampilkan keterangan bahwa koneksi ke database telah berhasil. Klik tombol Finish untuk mengakhiri proses instalasi ini.

Sampai tahapan ini instalasi Oracle Primavera telah selesai. Shortcut untuk Primavera juga telah ditambahkan pada Start Menu Windows. Cobalah untuk menjalankannya seperti tampak pada gambar berikut ini.

Pada jendela login yang ditampilkan, isikan Login Name dan Password yang sesuai lalu klik tombol OK.

Berikutnya Primavera akan menampilkan pesan bahwa kita belum memilih tipe industri yang sesuai untuk Project kita. Klik saja tombol OK, hal ini bisa diatur kemudian dalam pengaturan selanjutnya.

Dan akhirnya jendela utama Oracle Primavera akan ditampilkan dan siap digunakan untuk mengelola project-project kita :)

Sebagai tambahan. Agar setiap kali Oracle Primavera dijalankan tidak menampilkan pesan pemilihan industri seperti diatas, kita bisa mengaturnya lewat menu Admin > Admin Preferences.

Pada jendela Admin Preferences, pilih Industry, lalu pilihlah tipe industri yang sesuai dengan project yang sedang kita kerjakan. Sebagai contoh disini saya memilih tipe industri High-Technology, manufacturing, and Others. Akhiri dengan meng-klik tombol Close.

Pada kotak dialog yang ditampilkan, klik tombol OK.

Dan sekarang saat dijalankan Primavera tidak akan lagi menampilkan pesan untuk pemilihan industri.

Demikian posting yang cukup singkat ini. Saya tulis disini untuk menjawab pertanyaan dari salah satu peserta training. Mudah-mudahan ada gunanya buat siapapun yang sudah nyasar ke weblog ini :)

Be the first to comment

Leave a Reply