Internet 3G dengan Sony Ericsson M600i dan Indosat IM3

Ponsel Sony Ericsson M600i yang sudah lama saya pegang ini akhirnya saya gunakan sebagai modem 3G. Dipasangkan dengan kartu prepaid Indosat IM3, saya sudah bisa terhubung ke Internet via jaringan 3G-nya Indosat (thanks to Rully buat infonya). Sebetulnya saya bisa saja menggunakan Indosat Matrix yang memang saya gunakan sehari-hari untuk berkomunikasi, namun sistem perhitungan koneksi yang berbasis volume (Volume-Based, dihitung per kb) membuat saya enggan terutama karena pulsanya yang pasti tidak akan terkontrol. Sedangkan IM3, selain menyediakan sistem perhitungan Volume-Based, juga menyediakan koneksi berdasarkan waktu (Time-Based, dihitung per menit) dengan tarif sekitar 6.600 IDR / jam. Dan itu artinya pulsa dan pemakaian Internet saya bisa terkontrol dengan baik. Jika saja saya kebablasan menggunakan Internet, paling-paling koneksi akan putus dengan sendirinya karena pulsa habis, dan untuk menggunakan Internet kembali, saya cukup membeli voucher sesuai kebutuhan dengan varian 10.000 IDR hingga 100.000 IDR.

PR_LILY 0016

Konfigurasi ponsel Sony Ericsson M600i

Secara default, fitur 3G di kartu Indosat IM3 sudah aktif, sehingga tidak diperlukan lagi proses aktifasi, yang diperlukan hanyalah mengatur konfigurasi yang sesuai di ponsel yang digunakan. Ada 2 cara untuk mengatur konfigurasi tersebut, yaitu dengan cara otomatis (dengan sms) serta cara manual, namun entah kenapa saya tidak pernah berhasil menggunakan cara otomatis tersebut, akhirnya saya gunakan cara manual sebagai berikut:

  • Pada ponsel M600i, saya pilih Main MenuToolsControl PanelConnectionsInternet Accounts.
  • Pilih tab Accounts lalu More.
  • Pilih New AccountData.
  • Saya isikan kolom-kolom yang tersedia sebagai berikut:
    – Account name: Koneksi IM3 (atau bebas diisi apapun)
    – Address: www.indosat-m3.net
    – Username: gprs
    – Password: im3

Instalasi Sony Ericsson PC-Suite for Smartphones

Software PC-Suite ini tersedia gratis di situs Sony Ericsson. Saat posting ini ditulis versi terbaru yang tersedia adalah versi 1.44 dengan ukuran file sekitar 60 MB.
Cara installnya? Jelas sangat mudah, saya hanya mengikuti wizard yang ditampilkan hingga proses instalasi selesai.

Menghubungkan M600i ke Laptop

Setelah software terinstall, saya hubungkan ponsel ke laptop menggunakan kabel data, sebetulnya menggunakan BlueTooth juga bisa, namun berhubung dongle BlueTooth satu-satunya yang saya punya rusak, jadi untuk sementara saya gunakan kabel data saja.

  • Setelah ponsel terhubung, Windows XP langsung mengenali ponsel M600i dan menginstall driver yang diperlukan.
  • Berikutnya saya jalankan software PC-Suite. Saat pertama kali dijalankan, software akan menampilkan pesan bahwa tidak ada ponsel yang terhubung. It’s ok karena toh saya memang belum mengatur konfigurasi apapun.
  • Agar ponsel dikenali oleh PC-Suite, saya tinggal klik tombol How to connect lalu mengikuti wizard yang tampil hingga PC-Suite menampilkan pesan M600 connected in Phone mode.

Sampai tahap ini proses konfigurasi telah selesai, tahapan terakhir adalah menambahkan account koneksi baru di Windows XP.

Menambahkan account koneksi baru di Windows XP

Pada tampilan utama PC-Suite, saya pilih Mobile Networking Wizard. PC-Suite kemudian menanyakan identitas untuk ponsel kita, saya isikan dengan Sony Ericsson M600i. Selanjutnya, pada kotak dialog Mobile Networking Wizard yang masih kosong saya buat koneksi baru dengan cara berikut ini:

  • Saya pilih menu File – New Connection atau bisa juga dengan menekan tombol New Connection untuk menjalankan wizard.

  • Layar pertama wizard menampilkan tipe koneksi yang diinginkan. Disini saya pilih Packet Switched Data.

  • Berikutnya adalah pemilihan modem, tentu saja saya pilih Sony Ericsson M600 USB Modem yang kebetulan pada laptop saya terhubung dengan port COM3.

  • Nama koneksi bebas saya isikan, berhubung saya akan membuat koneksi Volume-Based dulu maka pada kolom isian saya masukan Indosat IM3 Volume Based.

  • Pemilihan service provider, ada 2 seting yang disediakan PC-Suite: Otomatis dan Manual. Saya pilih Manual.

  • Access Point Name (APN) saya isikan dengan indosatgprs.

  • User ID: indosat dan Password: indosat.

  • Konfigurasi account untuk koneksi Volume-Based telah selesai.

  • Tunggu beberapa saat karena PC-Suite akan menuliskan hasil konfigurasi ke ponsel.

Dengan cara yang sama saya buat juga account untuk koneksi Time-Based dengan seting seperti berikut ini:

  • Connection name: Indosat IM3 Time Based
  • Access Point Name (APN): indosatgprs
  • User ID: indosat@durasi
  • Password: indosat@durasi

Tampilan akhirnya adalah sebagai berikut:

Sampai tahap ini semua konfigurasi telah selesai saya kerjakan.

Menghubungkan Laptop ke Internet

Setelah semuanya selesai, saya sudah bisa terhubung ke Internet. Tinggal saya pilih koneksi yang akan saya gunakan apakah Volume-Based atau Time-Based, lalu tinggal tekan tombol Connect pada toolbar. Kolom status di bagian bawah kotak dialog akan menampilkan beberapa informasi, yaitu kecepatan koneksi, lamanya koneksi, hingga besarnya data yang didownload / upload. Untuk melepas koneksi ke Internet tentu saja saya gunakan tombol Disconnect.

Nah.. sekarang saya bisa menggunakan Internet dimanapun selama masih berada dalam jangkauan sinyal 3G-nya Indosat. Untuk menghemat pemakaian pulsa, saya pilih tipe koneksi sesuai kebutuhan. Jika saya hanya ingin cek email atau sekedar browsing dan download kecil-kecilan maka saya gunakan koneksi Time-Based namun jika saya hanya ingin chatting dengan Yahoo! Messenger, maka saya gunakan koneksi Volume-Based yang tidak tergantung batasan waktu.

Beberapa Catatan

Sebetulnya kartu IM3 ini juga sudah mendukung koneksi HSDPA hanya saja ponsel M600i ini yang belum mendukung HSDPA, lagi pula jangkauan sinyal HSDPA belum seluas sinyal 3G apalagi GPRS dan imho, saat digunakan kayanya gak beda jauh dengan kecepatan 3G. Sedangkan GPRS, entah kenapa saat saya mencobanya kayanya koq lambat sekali, rasanya malah lebih lambat dari Dial-up.

Comments 11

  • @jojo: saya hanya tau seting untuk telkomsel flash
    APN: internet atau telkomsel, dan user serta passwordnya kosongkan saja.. oks.. :)

  • mas tanya..klo setting pk telkomsel gmn?

  • Mas, laptop saya pakai sistem windows 7, waktu mengintaal driver sonyi ericsson pc suit tidak suport (memang kalau win xp suport), mas ada tidak driver sony ericsson m600i yang suport dengan windows 7, tolong mas kasih informasi!
    Trim, ade paryono
    Pamanukan – Subang

  • mo nax bozt,aq pux hp M600i tp katax bs 3G tp kok gak double kamera.fian makassar

    • Walaupun M600i support 3G, tapi memang tidak ada kameranya.. :-) lagian kan koneksi 3G itu bisa dipake untuk koneksi internet (browsing, email, dsb..).. yg. mirip M600i dan udah kameranya tipe diatasnya yaitu P1.. oks..

  • mo nax bozt,aq pux hp M600i tp katax bs 3G tp kok gak double kamerafian makassar

  • data account di ponselnya mas.. :-)

  • mas tentang menambahkan akun koneksi baru ke windows xp, saya dah ikut semua alur yang mas tulis, namun setelah finish dan writing to device muncul tulisan your conection requires a data account …
    currently all data akun are being used in the device
    you must delete data akun from the device in order to create a new conection
    apa maksudnya?
    data akun yang mana yang harus dihapus mas?

  • Di M600 kalo icon 3G-nya udah muncul (di sudut kiri atas) atau ada pesan 3G attached berarti memang kita sudah berada dalam jangkauan sinyal 3G.
    Untuk IM3, gak usah daftar dulu karena fitur 3G/GPRS-nya otomatis udah aktif saat kita beli kartu perdananya, sdg. kan untuk provider yg. lain saya kurang tau.. :D
    Dari segi biaya sih tergantung pemakaian, cuman kalo pake 3G speednya lebih bagus, dan kalo speed bagus berarti buka sebuah situs lebih cepat dan tentunya menghemat biaya.. :D

  • mas/mba mo nanya neh..
    gmna y cara nggaktifin fasilitas 3G yg da di hp biar bsa bfungsi??apkah jka terdpt pesan 3G attached scr otomatis hp lgsg memfungsikan koneksi tsb??apa kita kudu gftar dlu di provider gsm yg kta pake??sya biasa brsurfing ria via GPRS..n murah mana y dr segi biaya ant GPRS n 3G??trima kasi tas bntuannya

Leave a Reply