Internet 3G Unlimited dengan Telkomsel Flash dan Sony Ericsson M600i

Sudah sekitar 2 minggu ini saya mencoba layanan Internet 3G Unlimited dari Telkomsel Flash (Paket Basic tanpa Kontrak). Jika saya bandingkan dari sisi kecepatan dan kestabilan, imho, Indosat IM3 masih yang terbaik, namun dari sisi jangkauan sinyal 3G kayanya Telkomsel masih yang terbaik. Dan Telkomsel Flash ini juga lebih ekonomis mengingat koneksinya yang tidak dibatasi waktu, dengan catatan bahwa saya memang sering menggunakan Internet, namun jika sekali-sekali saja saya menggunakan Internet maka jelas bahwa Indosat IM3 akan lebih ekonomis. Dengan kata lain semuanya kembali lagi pada kebutuhan dari pengguna itu sendiri.

m600i3

Saya masih setia menggunakan Sony Ericsson M600i, termasuk saat mencoba layanan Telkomsel Flash ini. Setingnya sendiri tidak terlalu rumit, setelah kartu Halo saya pasangkan ke ponsel, saya cukup membuat sebuah account Internet di ponsel lewat menu Control Panel – Internet Accounts, lalu mengisi seting sebagai berikut:

  • Account name: Telkomsel Flash
  • Address: Internet
  • (seting lainnya saya kosongkan)

Setelah itu saya masukan account yang baru dibuat ini kedalam grup Internet di menu Groups.

Seting koneksi Internet di Laptop juga sama saja dengan koneksi untuk Indosat IM3, saya cukup membuat sebuah account baru menggunakan Mobile Networking Wizard lalu mengisi seting APN dengan Internet serta User dan Password yang dikosongkan.

Review Singkat

Salah satu kejelekan dari Telkomsel Flash ini adalah saat saya membuka sebuah situs yang lokasinya di Indonesia maka koneksinya sangat lambat, namun jika saya buka situs yang lokasinya terletak di luar Indonesia maka koneksinya malah lebih cepat, terkadang malah sangat cepat…. Begitupun halnya dengan download, saat mencoba untuk mendownload sebuah file dari sebuah situs yang lokasi servernya berada di Indonesia, lambatnya luar biasa, namun saat saya mencoba mendownload sebuah file dari Rapidshare, 100 MB bisa selesai dalam waktu sekitar 1,5 jam.

Berikut ini beberapa perbandingan kecepatan koneksi ke Jakarta. Lokasi testing ini adalah di sebuah gedung di distrik bisnis, Jl. Asia-Afrika Bandung.

Kabelnet Centrin, saya gunakan sebagai pembanding
image

Indosat IM3 via GPRS
image

Indosat IM3 via 3G
image

Telkomsel Flash via 3G
image

 

Comments 6

Leave a Reply