Jangan Lupakan DOS

Program invoice_rekap yang digunakan di PC-Admin (front-office) terhubung dengan database Access yang terletak pada sebuah server. Database tersebut tersimpan dalam sebuah folder [DATA] di server. Karena dibuat dengan Access dan termasuk kedalam database yang sederhana, maka cara menghubungkan database dengan program utamanya di PC-Admin cukup dengan Drive-Mapping saja, jadi PC-Admin membuat sebuah Drive-Mapping, yaitu drive H ke folder [DATA] yang tersimpan di server.

Masalahnya sekarang adalah server tersebut tidak akan dipergunakan lagi, jadi semua data2 di server tersebut tentunya harus dipindahkan ke PC-Admin, Lalu bagaimana dengan Drive-Mapping-nya..?? no problem, cukup gunakan saja perintah SUBST yang berfungsi untuk mensubtitusikan sebuah folder ke drive tertentu. Misalnya program tersebut berada di “D:\Invoice\Rekap.exe” dan databasenya tersimpan di “D:\Invoice\Data\”. Dengan menggunakan fasilitas command prompt di Windows saya ketikkan perintah sederhana seperti berikut ini:

D:\Invoice>SUBST H: D:\Invoice\Data

Dengan demikian, di My Computer akan muncul sebuah drive baru yaitu drive H yang isinya merupakan isi dari folder “D:\Invoice\Data”. Namun cara ini kurang begitu efektif karena setiap kali program hendak dijalankan, user harus senantiasa mengetikan perintah SUBST tersebut. Agar lebih mudah, perintah tersebut bisa dibuatkan file-batch-nya lalu dimasukan ke folder startup Windows agar otomatis dijalankan saat login ke Windows.

Cara ini dirasa masih kurang efektif juga, karena ternyata program ini hanya digunakan oleh admin sewaktu-waktu, dan munculnya drive H secara terus menerus di My Computer dirasakan mengganggu.

Solusi akhir, saya hapus file-batch tadi dari folder startup Windows lalu saya buat file-batch baru di folder “D:\Invoice\” dengan nama “InvoiceRekap.bat”. isi dari file-batch tersebut seperti berikut ini:

ECHO OFF
CLS
SUBST H: D:\Invoice\Data
Invoice.exe
SUBST H: /d

Nah, sekarang saat admin hendak menggunakan program invoice_rekap, bukan file “Invoice.exe” yang digunakan, tapi “InvoiceRekap.bat” yang memuat perintah untuk membuat drive H dari folder “D:\Invoice\Data” lalu menjalankan program “Invoice.exe”, dan setelah program “Invoice.exe” ditutup maka drive H akan dihapus kembali. Sangat sederhana eh..??

Konsekuensinya, selama program digunakan, maka command prompt Windows akan selalu terbuka, tapi mengingat frekuensi pemakaian program yang sesekali saja, saya rasa konsekuensi tersebut bisa ditolerir.

msdos

DOS (Disk Operating System), mungkin sebagian orang sudah melupakannya karena sudah bertaburannya sistem operasi berbasis GUI yang luar biasa indah, tapi dalam beberapa hal, adakalanya kita harus mengingat kembali beberapa perintah dasar dalam DOS tersebut, setidaknya untuk mempermudah pekerjaan kita :)

 

Comments 1

Leave a Reply