Koneksi DUN untuk Mobile Broadband pada Windows 7 (Part 1)

Seperti kita ketahui bahwa layanan Mobile Broadband seperti misalnya Telkomsel Flash, Indosat IM2, dan lain sebagainya sedang menjadi tren saat ini. Untuk menggunakan layanan ini kita bisa menggunakan bantuan modem khusus yang umumnya terhubung ke komputer maupun laptop melalui port USB. Koneksinya kemudian diatur oleh sebuah software yang umumnya dibuat oleh vendor yang bersangkutan dan dikemas bersama penjualan modem tersebut. Sebagai contoh, untuk modem Huawei E220 yang saya gunakan, pihak Huawei menyediakan software koneksi yang bernama Mobile Connect seperti tampak pada gambar berikut ini.

image

Sebagai alternatif, sebetulnya kita bisa menggunakan fasilitas DUN (Dial-up Networking) bawaan Windows untuk menggunakan layanan Mobile Broadband tersebut. Keuntungan yang saya rasakan dengan menggunakan DUN ini adalah kemudahan pakai, waktu inisialisasi yang relatif cepat serta lumayan menghemat resource. Dan untungnya Microsoft masih menyediakan fasilitas DUN ini di sistem operasi Windows 7. Cara menggunakannya sebagai berikut.

Instalasi Modem

Sebagai contoh, pada tulisan ini saya menggunakan modem Huawei E220 + Telkomsel Flash dengan sistem operasi Windows 7 x64 Enterprise Edition.

  • Hubungkan modem ke port USB yang tersedia lalu install drivernya. Pada modem yang saya gunakan, untuk install drivernya tinggal menjalankan file Datacard_Setup64 atau biarkan saja Autorun-nya bekerja.

image

  • Umumnya bersamaan dengan instalasi driver maka software bawaan modem akan ikut diinstall juga, namun biarkan saja karena toh kita tidak akan menggunakannya.
  • Berikutnya masuk ke Device Manager untuk memastikan bahwa driver modem sudah terinstall dan tidak ada masalah seperti tampak pada gambar berikut ini.

image

  • Urusan dengan modem untuk sementara selesai dan kita bisa menutup Device Manager tersebut.

Membuat Koneksi Dial-up

Berikutnya adalah membuat koneksi Dial-up untuk terhubung ke layanan Mobile Broadband yang kita gunakan.

  • Masuk ke Network and Sharing Center.
  • Di bagian Change your networking settings, klik pada pilihan Set up a new connection or network untuk menjalankan wizard.

image

  • Pada bagian Choose a connection option, pilih Connect to the Internet dan klik tombol Next.

image

  • Pada bagian How do you want to connect? pilih Dial-up.

image

  • Pada bagian Which modem do you want to use? pilih modem broadband yang sudah di-install sebelumnya, dalam contoh ini saya memilih Huawei Mobile Connect – 3G Modem.

image

  • Pada bagian Type the information from your ISP, isikan kolom Dial-up phone number dengan *99#. Kolom User name dan Password diisi sesuai dengan seting dari provider. Dalam contoh ini, untuk Telkomsel Flash, User name dan Password tersebut tidak perlu diisi. Lalu kolom Connection name isi dengan nama koneksi yang diinginkan, sebagai contoh saya mengisikan Telkomsel Flash.
  • Jika sudah klik tombol Connect.

image

  • Berikutnya Windows akan mencoba untuk langsung terhubung ke layanan Telkomsel Flash, batalkan hubungan ini untuk sementara dengan meng-klik tombol Skip.

image

  • Pada kotak dialog terakhir kita akan mendapatkan informasi The connection is ready for use. Klik tombol Close untuk menutupnya sekaligus mengakhiri wizard.

image

… bersambung ke Part 2 …

Comments 1

Leave a Reply