Memantau Suhu Processor dengan Core Temp

Panas menjadi salah satu musuh bagi para pengguna komputer, terutama para pengguna laptop. Apalagi jika komputer kita gunakan untuk menjalankan software atau aplikasi yang cukup berat, misalnya seperti software pengolah gambar, multimedia, termasuk games. Panas pada komputer terutama disebabkan oleh suhu Processor yang meningkat tinggi. Vendor-vendor komputer saat ini memang sudah memberikan perlindungan dengan membenamkan fitur-fitur pemantau suhu yang secara otomatis akan mematikan komputer jika suhu panas Processor telah mencapai ambang batas tertentu. Namun untuk lebih menjaga lagi suhu ini, ada baiknya kita memantau suhu secara realtime agar jika panasnya terlihat sudah cukup tinggi maka aktifitas yang sedang kita kerjakan di komputer dapat sedikit dikurangi.

Salah satu cara untuk memantau suhu Processor secara realtime tersebut adalah menggunakan software. Dari sekian banyaknya software pemantau suhu yang bertebaran di rimba Internet, ada satu software yang sudah cukup lama saya gunakan dan masih bertahan hingga saat ini. Nama software tersebut adalah Core Temp, dan alasan saya memilih Core Temp ini karena:

  • Sifatnya freeware.
  • Ukuran filenya ringkas, hanya beberapa ratus KB saja.
  • Tidak memakan resources yang banyak pada komputer.
  • Suka diupdate oleh pembuatnya, walaupun tidak berkala dan tidak sering.
  • Notifikasi suhu di System Tray Windows tampilannya minimalis namun sangat jelas.
  • Tersedia versi portabelnya yang artinya untuk menggunakan software ini saya tinggal menjalankan file executablenya saja di sembarang lokasi tanpa perlu menginstallnya terlebih dahulu.

Berikut ini contoh tampilan utama Core Temp. Dapat kita lihat bahwa software ini cukup jelas dalam menampilkan spesifikasi dan suhu Processor di komputer kita.

image

Berikut ini beberapa tampilan jendela Settings untuk mengatur beberapa hal dari Core Temp ini, contohnya pengaturan agar Core Temp langsung dijalankan setiap kali kita login ke Windows, pengaturan satuan suhu, format tampilan, dlsb.

image

image

image

Dan berikut ini contoh tampilan notifikasi Core Temp di System Tray WIndows 8.1. Karena saya menggunakan komputer dengan dua inti Processor (Dual Core), maka Core Temp pun menampilkan suhu untuk tiap-tiap core Processor tersebut. Tampilan ini tampak minimalis namun sangat jelas karena hanya memuat angka penunjuk suhu saja. Jika angka-angka tersebut menunjukan peningkatan maka sudah dipastikan suhu Processor meningkat juga dan saatnya saya menurunkan ritme aktifitas pekerjaan pada komputer tersebut :)

image

Catatan:

  • Pastikan Anda mendownload Core Temp ini dari situs resminya dan gunakan Core Temp versi portabel, alasannya karena versi Installer-nya kadang disusupi dengan Adware, walaupun sebenarnya Adware ini bisa Anda skip saat instalasi.
  • Pastikan bahwa Core Temp sudah mendukung Processor yang Anda gunakan. Daftar Processor ini bisa Anda lihat di situs resminya.

Tautan:

Demikian tulisan ini dan mudah-mudahan ada gunanya bagi siapa saja yang nyasar ke weblog ini :)

 

Leave a Reply