Membuat Acronis Bootable Media

Acronis Bootable Media adalah media bootable yang berisikan produk software Acronis untuk keperluan tertentu, misalnya saja untuk membuat Disk Image, melakukan proses Deploy / Restore, melakukan pengaturan partisi hardisk, dan lain sebagainya. Bootable Media yang digunakan juga beragam, kita dapat membuat Bootable Media dalam bentuk CD/DVD, Flahdisk, atau dalam bentuk file ISO. Berikut ini cara membuat Acronis Bootable Media tersebut.

Langkah pertama siapkan media yang akan digunakan. Sebaiknya gunakan media Flashdisk, selain karena faktor performance juga karena saat ini makin banyak komputer ataupun laptop yang sudah tidak dilengkapi lagi dengan Optical (CD/DVD) Drive. Dan sebagai contoh, dalam tulisan ini saya akan menggunakan media Flashdisk.

Jika hendak menggunakan Flashdisk, pastikan bahwa Flashdisk tersebut tidak berisi data dan sudah diformat dengan file system FAT32.

Berikutnya install produk software Acronis yang kita butuhkan pada Windows. Sebagai contoh saya meng-install salah satu produk Acronis yaitu Acronis True Image.

Setelah instalasi selesai, jalankan program Bootable Rescue Media Builder. Pada Start Menu Windows, shortcut untuk program ini umumnya tersimpan dalam sub-folder Tools and Utilities dibawah folder Acronis.

acronis-boot-01

Pada jendela pembuka yang ditampilkan, klik tombol Next untuk melanjutkan.

acronis-boot-02

Pada jendela Rescue media contents selection, pilih produk Acronis yang akan dibuatkan Bootable Media-nya. Sebagai contoh saya memilih True Image karena memang hanya produk tersebut yang saya install di komputer saya. Jika memang ada produk lainnya maka produk tersebut bisa ikut dipilih untuk disertakan juga dalam Bootable Media yang akan dibuat. Lanjutkan dengan meng-klik tombol Next.

acronis-boot-03

Pada jendela Bootable media options, klik tombol Next.

acronis-boot-04

Pada jendela Bootable media type selection, pilih Removable Disk karena media yang saya gunakan adalah Flashdisk. Klik tombol Next untuk melanjutkan.

acronis-boot-05

Jendela berikutnya akan menampilkan ringkasan informasi. Klik tombol Proceed untuk mulai menjalankan proses pembuatan Bootable Media ini.

acronis-boot-06

File-file yang dibutuhkan oleh Acronis akan mulai disalin kedalam Flashdisk. Tunggulah beberapa saat.

acronis-boot-07

Jika sudah selesai, akan ditampilkan kotak dialog seperti gambar berikut ini.

acronis-boot-08

Klik tombol OK dan hasilnya flashdisk telah berisikan software Acronis True Image. Untuk menggunakan software Acronis tersebut maka kita tinggal boot komputer / laptop dengan menggunakan Flashdisk tersebut.

Demikian dan mudah-mudahan tulisan yang singkat ini ada gunanya buat siapa saja yang kebetulan nyasar ke weblog ini :)

Comments 2

Leave a Reply