Membuat Tabel Data Penjualan Barang pada Excel untuk Penjual Online dan Dropshipper


Di media sosial saat ini semakin banyak penjual online. Ada yang memproduksi barangnya sendiri, ada yang membeli dulu dari tempat lain lalu dijual kembali, dan ada juga yang berjualan sebagai dropshipper. Apapun cara berjualannya, yang jelas semuanya akan melibatkan pencatatan data. Mulai dari data barangnya, data pembelinya, hingga data penjualannya. Semakin laris penjualan maka jelas akan semakin banyak pencatatan data yg harus dilakukan.

Membuat Tabel Data Penjualan Barang pada Excel untuk Penjual Online / Dropshipper

Salah satu solusi untuk mencatat data-data penjualan ini adalah dengan memanfaatkan aplikasi Excel. Dengan bantuan formula dan fungsi serta fitur Validasi yang berbasis List, kita dapat membuat dan menyusun tabel data penjualan yang relatif sederhana namun cukup lengkap, karena disamping data-data penjualan, kita juga dapat menyertakan data-data pendukung lainnya seperti data supplier, data stok barang, hingga data pembeli / pelanggan.

Tutorial cara membuat tabel data penjualan ini bisa dilihat pada video tutorial berikut ini di channel YouTube saya:

Mudah-mudahan video tutorial ini ada manfaatnya :)

Catatan:

  • Versi Excel yang digunakan dalam video tutorial ini adalah Excel 2019, jadi bagi rekan-rekan yang hendak mengikuti tutorial ini sangat disarankan untuk menggunakan Excel 2019, atau minimal Excel 2016.
  • File yang digunakan dalam tutorial ini bisa di-download pada link berikut ini: http://arhiez.net/?smd_process_download=1&download_id=4962

Be the first to comment

Leave a Reply