Memeriksa Besaran RPM Hardisk

Hardisk merupakan komponen yang berfungsi sebagai penyimpan data pada komputer. Karakteristik utama dari suatu Hardisk adalah kapasitas dan performance-nya. Kedua hal inilah yang sekaligus menjadi faktor pembeda Hardisk. Pada Hardisk tipe mekanik atau yang masih menggunakan komponen piringan magnetik (Platter) untuk menyimpan data-datanya, performance Hardisk ini salah satunya ditentukan oleh besaran RPM (Revolutions Per Minute), yaitu besaran yang menentukan seberapa cepat piringan magnetik tersebut bisa berputar dalam satu menit. Semakin cepat putarannya, maka akses terhadap data yang tersimpan dalam Hardisk tersebut tentunya akan semakin cepat juga.

Sayangnya besaran RPM ini tidak selalu kita temukan pada label Hardisk, walaupun beberapa vendor ada yang menampilkannya, contohnya seperti gambar berikut ini. Dapat dilihat bahwa besaran RPM Hardisk pada gambar tersebut adalah 7200RPM.

hdd-rpm-01
(Image courtesy of Ebay)

Nah, bagaimana jika besaran RPM ini tidak dapat kita temukan pada label Hardisk? atau mungkin saja kita malas untuk membongkar komputer kita? Cara pertama adalah dengan melihat tipe Hardisk tersebut dan kemudian mencari spesifikasinya di website vendor pembuatnya.

Cara yang kedua yang merupakan cara cepat untuk melihat besaran RPM ini adalah dengan menggunakan software atau tools untuk memeriksa sistem komputer kita. Tools yang menjadi favorit saya diantaranya adalah Speccy serta Aida64. Speccy sifatnya freeware sementara Aida64 berbayar namun versi trialnya bisa kita gunakan.

Berikut ini contoh tampilan Speccy untuk memeriksa besaran RPM Hardisk.

image

Berikut ini contoh tampilan Aida64 untuk memeriksa besaran RPM Hardisk.

image

Catatan:

Hardisk yang banyak beredar di pasaran umumnya memiliki besaran 5400 RPM dan 7200 RPM. Hardisk 7200 RPM tentunya memiliki performance yang jauh lebih cepat dibandingkan 5400 RPM. Komparasi perbandingan ini bisa dilihat di website Ivanstech. Namun jangan lupakan urusan panas, karena semakin cepat piringan magnetik berputar maka suhu Hardisk pun akan semakin panas. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan Hardisk dengan RPM yang tinggi, pastikan bahwa Hardisk tersebut akan beroperasi di lingkungan dengan suhu yang terjaga dengan baik.

Tautan:

Demikian tulisan yang singkat ini dan mudah-mudahan ada gunanya buat siapa saja yang kebetulan nyasar ke weblog ini :)

Leave a Reply