Memperbaiki kesalahan “BOOTMGR is missing” pada Windows Server 2008 R2 dengan bantuan DVD Instalasi Windows 7

Karena adanya kesalahan saat me-restore image Windows Server 2008 R2 dengan Acronis, hasilnya 5 buah PC yang akan digunakan untuk training menampilkan pesan kesalahan yang sangat familiar yaitu “BOOTMGR is missing”. Install ulang jelas bukan merupakan opsi yang tepat karena semua PC tersebut akan dipakai sesegera mungkin, belum lagi mengatur seting dan konfigurasi Hyper-V berikut instalasi beberapa software lainnya yang dibutuhkan.

image

Solusi pertama yang dilakukan jelas menggunakan DVD instalasi Windows Server 2008 R2. Tinggal boot dari DVD tersebut lalu pilih perintah Repair your computer. Sayangnya fitur ini tampaknya tidak bisa digunakan, mungkin karena hardisknya menggunakan SATA? entahlah, yang pasti pada kotak dialog System Recovery Options, tidak ada perintah yang berhubungan dengan masalah perbaikan Startup.

image

Solusi kedua mencoba memilih Command Prompt dari kotak dialog System Recovery Options tersebut. Lalu pada prompt yang ditampilkan saya mencoba menjalankan perintah perbaikan Startup yaitu StartRep.exe yang berada didalam folder \Sources\Recovery\. Namun cara ini juga tidak berhasil karena setelah restart ternyata pesan “BOOTMGR is missing” masih tetap ditampilkan.

Solusi terakhir adalah solusi iseng yang ternyata malah berhasil..!! Yaitu saya mencoba menggunakan fitur Repair your computer pada DVD instalasi Windows 7. Edisi yang digunakan adalah Enterprise Edition x64. Uraian langkahnya sebagai berikut.

  • Boot PC dengan DVD instalasi Windows 7. Lalu pada layar pertama yang ditampilkan, pilih perintah Repair your computer.

image

  • Rutin pemeriksaan yang dijalankan berhasil menemukan kesalahan. PC kemudian me-restart secara otomatis.

image

  • Setelah me-restart, boot kembali kedalam DVD Windows 7, lalu pilih opsi Startup Repair.

image

  • Dan setelah merestart kedua kalinya, Windows Server 2008 R2 dapat digunakan seperti biasa tanpa menampilkan lagi pesan kesalahan “BOOTMGR is missing”.

Demikian dan mudah2an pengalaman ini ada gunanya :)

 

Leave a Reply