Memperbaiki Kesalahan Proximity Sensor pada Xiaomi Redmi 1s

Tulisan ini tidak akan membahas apa itu Xiaomi Redmi 1s apalagi tentang reviewnya. Toh di Internet sudah teramat sangat banyak situs yang menulis tentang Xiaomi ini. Namun disini yang akan saya tulis adalah solusi untuk memperbaiki kesalahan Proximity Sensor pada Redmi 1s yang menurut beberapa situs di Internet ternyata ditemukan di hampir semua perangkat Redmi 1s yang beredar, termasuk Redmi 1s yang saya gunakan. Untungnya kesalahan ini bisa diperbaiki dengan sangat mudah, yaitu dengan melakukan kalibrasi ulang pada Proximity Sensor Redmi 1s. Berikut ini caranya.

Proximity Sensor pada Redmi 1s berada di bagian atas, di samping kiri speaker depan seperti ditunjukan oleh panah pada gambar dibawah ini.

prox-mi-00

Untuk memperbaiki kesalahan Proximity Sensor ini, kita harus masuk ke bagian pemeriksaan dan pengaturan Hardware pada Redmi 1s. Caranya yaitu dengan masuk ke menu Phone, lalu ketikan:

*#*#6484#*#*

prox-mi-01

Secara otomatis layar akan menampilkan Hardware tests seperti tampak pada gambar berikut ini.

prox-mi-02

Pada tampilan Hardware tests tersebut, tap pada nomor 8. Proximity Sensor hingga ditampilkan layar seperti berikut ini. Sekedar catatan, angka-angka yang tampil mungkin berbeda pada setiap perangkat.

prox-mi-03

Pada tampilan ini, tutuplah area Proximity Sensor seperti yang ditunjukan pada gambar pertama dengan jari. Dalam kondisi tertutup, pastikan angka di bagian atas yang ditampilkan adalah 0.0. Kemudian tap tombol Calibrate.

Perlahan-lahan jauhkan jari kita dari Proximity Sensor hingga angka di bagian atas menunjukan angka 5.xxxx (x bervariasi). Saat angka telah menunjukan 5.x tersebut maka akan ditampilkan pesan Calibration passed.

prox-mi-04

Tap pada tombol Pass lalu tap tombol Home untuk kembali ke layar utama Redmi 1s.

Dan sampai tahapan ini masalah Proximity Sensor telah selesai diperbaiki. Jika setelah melakukan proses kalibrasi ini dan pesan yang ditampilkan adalah Calibration fail, maka kita tinggal mengulangi saja proses diatas.

Demikian dan mudah-mudahan tulisan singkat ini ada gunanya buat siapa saja yang sudah nyasar ke weblog ini :)

Tautan:

 

Leave a Reply