Memperbaiki Profil Warna Monitor yang Rusak pada Photoshop

Setelah upgrade ke sistem operasi Windows 8.1, setiap kali saya menjalankan aplikasi Adobe Photoshop CC, maka Photoshop selalu menampilkan pesan kesalahan “The monitor profile appears to be defective. Please rerun your monitor calibration software.” Pesan kesalahan ini ditampilkan dengan dua tombol pilihan, yaitu Ignore Profile atau Use Anyway. Tombol manapun yang saya pilih, aplikasi Photoshop tetap dijalankan dan dapat digunakan seperti biasa, hanya saja masalahnya warna-warna pada Photoshop tersebut tidak ditampilkan sebagaimana mestinya.

Berikut ini screenshot pesan kesalahan yang ditampilkan Photoshop.

photoshop monitor profile defected 01

Berikut ini screenshot untuk tampilan warna putih pada Photoshop jika saya memaksa Photoshop untuk tetap dijalankan. Terlihat jelas bahwa warna putih tersebut tidak ditampilkan dengan benar.

photoshop monitor profile defected 02

Untunglah setelah berkelana kesana kemari di rimba Internet akhirnya ketemu juga solusi untuk permasalahan ini, yaitu dengan cara mengganti profil warna untuk monitor di sistem operasi Windows. Agar lebih jelas, berikut ini langkah-langkah pergantian profil warna tersebut.

Pastikan aplikasi Photoshop dalam kondisi tertutup kemudian jalankan Control Panel dan pilih Color Management.

photoshop monitor profile defected 03

Pada jendela Color Management yang ditampilkan, pilih jenis monitor yang kita gunakan pada bagian Device dan beri tanda centang pada pilihan Use my settings for this device. Kemudian klik tombol Add.

photoshop monitor profile defected 04

Pada jendela Associate Color Profile, pilih sRGB IEC61966-2.1 (sRGB Color Space Profile.icm) lalu klik tombol OK.

photoshop monitor profile defected 05

Kembali ke tampilan sebelumnya, pilih profile yang baru saja ditambahkan, yaitu sRGB IEC61966-2.1 (sRGB Color Space Profile.icm) lalu klik tombol Set as Default Profile. Klik tombol Close untuk menutup jendela Color Management.

photoshop monitor profile defected 06

Hasilnya sekarang, jika saya menjalankan aplikasi Adobe Photoshop CC, pesan kesalahan tidak lagi ditampilkan dan warna-warna pada Photoshop juga sudah ditampilkan sebagaimana mestinya. Dan sejujurnya saya sendiri tidak tau apa penyebab masalah ini karena toh yang penting sekarang saya sudah bisa menggunakan kembali aplikasi Photoshop dengan normal seperti sediakala :D

Demikian tulisan yang singkat ini dan mudah-mudahan ada gunanya buat siapa saja yang kebetulan nyasar ke weblog ini :)

 

Leave a Reply