Menampilkan Informasi System pada Wallpaper (Bag. 2)

Melanjutkan tulisan sebelumnya, tools berikutnya yang dapat digunakan untuk menampilkan informasi system pada wallpaper adalah CoolMon. Sama seperti BgInfo, CoolMon juga bersifat freeware dengan ukuran yang ringkas yaitu sekitar 650 KB dan tidak membebani system karena menggunakan resources yang relatif kecil. Versi terakhir dari tools ini adalah versi 2.xx, namun entah kenapa versi 2 ini malah tidak pernah berhasil saya jalankan, so.. versi yang saya gunakan tetap versi 1.0 yang sudah tergolong stabil.

Jika dibandingkan dengan BgInfo, CoolMon lebih ditujukan untuk menampilkan informasi system yang berhubungan dengan resources dan hardware, misalnya jumlah proses, jumlah memory, pagefile, dan lain sebagainya. Tools ini juga berbasis XML sehingga butuh sedikit waktu tambahan untuk mempelajarinya jika kita tidak mengenal cript XML. Kemudian jika dibandingkan dengan BgInfo yang lebih sederhana, CoolMon memiliki pengaturan yang lebih luas yang dapat diakses dari menu pada tray icon.

coolmon

Sekedar catatan, CoolMon versi 1.0 ini dirilis sekitar tahun 2005 dan sayangnya tools yang bagus ini tampaknya tidak dikembangkan lagi oleh pembuatnya. Situs resmi pembuatnya juga malah sudah lenyap entah kemana. Untuk masalah kompatibilitas, CoolMon masih dapat dijalankan hingga Windows Server 2008 edisi terakhir, namun mengingat tools ini termasuk tools klasik, maka ada kemungkinan tools ini tidak dapat dijalankan pada server generasi terbaru.

CoolMon masih dapat di-download pada alamat berikut ini:
http://majorgeeks.com/CoolMon_d212.html

 

Leave a Reply