Menampilkan Notifikasi Android pada Windows 10 Dengan Bantuan Cortana

Salah satu fitur baru pada Windows 10 Anniversary Update adalah adanya sinkronisasi notifikasi antar perangkat dengan bantuan Cortana. Artinya notifikasi yang kita terima pada perangkat lain akan ditampilkan juga di Windows 10. Dan karena Cortana juga sudah tersedia untuk platform Android,  maka notifikasi pada handphone / tablet Android juga akan tampil di Windows 10, misalnya saja notifikasi Missed Call, SMS, pesan WhatsApp, dan lain sebagainya.

Untuk beberapa aplikasi tertentu, notifikasi ini juga bersifat interaktif. Contohnya jika ada pesan masuk lewat layanan WhatsApp, saat notifikasi tampil di Windows 10 maka kita dapat langsung me-replynya tanpa harus membuka handphone lagi.

Bagaimana caranya? berikut ini langkah-langkahnya.

Langkah pertama jelas install Cortana pada perangkat Android :P

Sampai saat tulisan ini dibuat, Cortana untuk Android baru dirilis resmi untuk kawasan US saja dan belum dirilis untuk kawasan Indonesia. Jadi Cortana ini tidak akan ditemukan di Google Playstore. Untuk mendapatkannya tinggal cari saja file APK-nya yang banyak bertebaran di Internet :)

Setelah instalasi selesai, jalankan Cortana, tap pada Microsoft Account kemudian login dengan Account yang sama dengan Account untuk login ke Windows 10. Jika berbeda, jelas sinkronisasi ini tidak akan jalan.

Setelah login, tunggu beberapa saat hingga layar depan Cortana ditampilkan. Berikutnya masuk ke bagian Settings, lalu tap pada Sync notifications. Jika muncul halaman Notification access, tinggal aktifkan saja Cortana seperti tampak pada gambar berikut ini.

Pada halaman App notification sync, pastinya sudah terlihat jelas apa yang harus dilakukan :) Untuk mengatur notifikasi app lainnya, tinggal tap pada Choose which apps to sync, dan pilih app yang ingin disinkronkan notifikasinya.

Setelah pengaturan pada perangkat Android selesai, berikutnya pindah ke Windows 10. Login dengan Account yang sama, kemudian klik icon Cortana, klik Settings, dan geser slider ke posisi On di bagian Send notifications between devices.

Untuk melihat perangkat apa saja yang sudah terhubung dengan Windows 10, tinggal klik tombol Edit sync settings dan daftar perangkat akan ditampilkan seperti gambar berikut ini.

Klik pada nama salah satu perangkat untuk melihat notifikasi apa saja yang sudah disinkronkan dengan perangkat tersebut. Contohnya seperti gambar berikut ini, dapat dilihat bahwa notifikasi Low battery warnings, Telegram, dan WhatsApp dari perangkat Xiaomi yang saya gunakan akan ditampilkan di Windows 10.

Tahapan pengaturan selesai sampai disini. Contoh hasil sinkronisasi notifikasi ini dapat dilihat pada gambar berikut ini. Saat ada pesan WhatsApp masuk, maka pesan tersebut akan ditampilkan di Windows 10, dan sifatnya interaktif karena saya bisa langsung mereply pesan tersebut tanpa harus menyentuh handphone lagi.

Dan semua notifikasi yang masuk tentunya akan dimuat juga di Action Center Windows 10 seperti tampak pada gambar berikut ini.

Demikian dan mudah-mudahan tulisan ini ada gunanya buat siapapun yang sudah nyasar ke weblog ini ;)

Catatan:

Spec yang saya gunakan

 

Leave a Reply