Menampilkan Ukuran Detail pada Ruler Microsoft Word


Setiap pengguna aplikasi Microsoft Word tentunya sering menggunakan fasilitas Indentasi serta Tabulasi. Indentasi digunakan untuk mengatur jarak suatu obyek dari obyek lainnya sedangkan tabulasi digunakan untuk menandai lokasi tertentu sebagai tempat penghentian obyek pada dokumen Word sehingga obyek tersebut akan berada pada posisi yang rata. Indentasi maupun Tabulasi dapat diatur dengan mudah, yaitu dengan memanfaatkan bantuan Horizontal Ruler. Anda tinggal men-Drag-nya ke posisi yang diinginkan pada Horizontal Ruler tersebut.

Jika Anda ingin menentukan ukuran yang presisi untuk Indentansi, Anda dapat menggunakan bantuan kotak dialog Paragraph.

image

Dan menentukan ukuran yang presisi untuk Tabulasi dapat menggunakan bantuan kotak dialog Tabs.

image

Selain dengan menggunakan kotak dialog tersebut, Anda juga dapat menggunakan cara cepatnya, yaitu tetap men-Drag Indentasi maupun Tabulasi tersebut pada Ruler namun dengan menampilkan ukuran yang lebih presisi dan lebih detail pada Ruler tersebut.

Caranya yaitu saat Anda melakukan Drag, klik dan tahan tombol kanan mouse. Sehingga Anda melakukan Drag dengan menekan kedua tombol mouse sekaligus. Perhatikan bahwa dengan ditekannya kedua tombol mouse tersebut, maka Ruler akan menampilkan ukuran yang detail dan selalu berubah mengikuti arah Drag yang Anda lakukan.

image

Demikian dan mudah-mudahan tips singkat ini ada gunanya :)