Mencairkan Pembayaran Google AdSense


Sejujurnya weblog ini bukan merupakan weblog yang di monetisasi. Sesuai dengan judul weblog ini, saya menulis disini sebagai catatan untuk saya sendiri, sekaligus belajar, dan sekaligus juga berbagi barangkali saja tulisan-tulisan saya bisa berguna untuk orang lain. Lantas kenapa weblog ini sekarang ada iklannya? Seperti biasa berawal dari penasaran dengan mahluk yang bernama Google AdSense. Sekitar tahun 2006 saya coba daftar, coba pasang di weblog ini, dan lantas saya hapus kembali karena ternyata malah membuat tampilan weblog jadi berantakan :P Barulah sekitar awal tahun 2017, iseng saya coba pasang kembali karena ternyata cara pemasangan script untuk AdSense ini tidak serumit dulu juga karena iklan yang ditampilkan terlihat lebih rapih dan tidak membuat design weblog jadi berantakan. Namun setelah dipasang kembali, lagi-lagi saya biarkan alias tidak diurus karena memang tidak ada niat untuk monetisasi.

Setahun lebih saya biarkan iklan tampil seadanya di weblog ini, dan walaupun sama sekali tidak pernah diurus ternyata tanggal 21 Maret 2018 saya mendapat email dari Google yang isinya menyatakan bahwa saya mendapatkan pembayaran dari Google AdSense ini! Sekedar info, Google baru akan melakukan pembayaran jika pendapatan kita telah mencapai 100 USD, so artinya pendapatan saya dari iklan di weblog ini sudah diatas 100 USD ;)

Google AdSense

Sempat tidak percaya, bahkan sempat menganggap email itu email SPAM. Namun karena penasaran, akhirnya coba login ke situs AdSense, lalu saya lihat di bagian Payment, dan ternyata saya memang mendapat bayaran dari Google AdSense.

Google AdSense

Bagaimana kelanjutannya? jelas saya harus mencoba untuk mencairkan pembayaran ini. Setelah browsing kesana-kemari akhirnya dapat info bahwa untuk mencairkan AdSense ini bisa di beberapa tempat yang sudah bekerjasama dengan jaringan Western Union, diantaranya adalah Kantor Pos, Bank BJB, Bank Mandiri Syariah, dlsb. Kemudian syarat untuk proses pencairan adalah harus ada KTP serta Print-Out Payment Receipt dari Google.

Google AdSense

Singkat cerita, saya memutuskan untuk mencoba di Bank Mandiri Syariah yang lokasinya cukup dekat dari rumah. Sesampainya di Bank, diterima oleh bagian CS (Customer Service). Print Out dan KTP saya berikan. Lalu oleh CS saya diminta untuk mengisi Formulir seperti berikut ini.

Google AdSense

Selesai mengisi formulir, tinggal menunggu dipanggil oleh bagian Teller, dan pembayaran pun saya terima. Jumlah pembayaran ini disesuaikan dengan kurs yang berlaku pada saat itu dan tidak ada pemotongan biaya apapun. Proses pencairan ini juga hanya membutuhkan waktu 10 menit saja karena kebetulan Banknya masih relatif kosong.

Nah, demikian sekedar pengalaman singkat saya tentang pembayaran Google AdSense ini. Mudah-mudahan ada gunanya buat siapapun yang sudah nyasar ke weblog ini :)

Be the first to comment

Leave a Reply