Mencoba Microsoft Office Mobile 2010 Beta

Pada tulisan sebelumnya Anda telah mengenal proses instalasi Office Mobile 2010 Beta yang sangat mudah dan cepat dengan bantuan dari aplikasi Marketplace pada Windows Mobile 6.5.

offmobile-beta2

Untuk mulai mencoba Office Mobile 2010 Beta ini, masuklah ke menu utama pada device Windows Mobile Anda dan Anda akan mendapatkan shortcut untuk Office Mobile 2010 (Beta) ini di bagian paling bawah. Iconnya sendiri masih terlihat kurang bagus karena masih menggunakan resolusi rendah, namun hal ini rasanya wajar saja mengingat statusnya yang memang masih beta. Pilihlah shortcut tersebut untuk melihat aplikasi yang disediakan.

Berikutnya Anda dapat melihat aplikasi yang dibundel dalam Office Mobile 2010 Beta ini yang masih sama dengan Office Mobile terdahulu yaitu Word, Excel, PowerPoint dan OneNote. Aplikasi baru yang ditambahkan pada Office Mobile 2010 ini adalah SharePoint Workspace Mobile 2010 yang memungkinkan Anda untuk bekerja bersama dengan pengguna lainnya dalam sebuah workspace khusus.

Setelah melakukan eksplorasi lebih lanjut, pada dasarnya aplikasi-aplikasi yang tersedia pada Office Mobile 2010 ini masih sama dengan versi yang terdahulu. Perbedaan yang mungkin terasa adalah jika Anda menggunakan device dengan layar sentuh. Navigasi pada setiap aplikasi terasa nyaman untuk dioperasikan dengan menggunakan jari Anda saja dan tanpa menggunakan bantuan pena atau stylus. Misalnya saja saat Anda menggulung layar dari atas ke bawah atau menggeser layar dari kiri ke kanan pada kondisi Zoom yang diperkecil.

Dalam hal loading time, terutama saat membuka file-file dokumen berukuran besar, Office Mobile 2010 ini terasa sedikit lebih cepat dibandingkan dengan versi yang terdahulu. Sementara untuk urusan kompatibilitas, jelas tidak ada masalah karena Office Mobile 2010 Beta ini dapat menangani file-file yang dibuat dengan Office 2003, 2007 dan tentunya 2010. Sayangnya saya tidak mendapatkan fitur untuk menyimpan dokumen sebagai file PDF/XPS seperti halnya Office 2010 versi PC.

Bagaimana dengan Outlook ? Outlook Mobile 2010 tidak akan disertakan dalam paket Office Mobile 2010. Outlook ini akan di-integrasikan bersama dengan Windows Mobile 6.5, tentunya jika versi final dari Office Mobile 2010 ini sudah dirilis. Jadi setiap Mobile Device dengan sistem operasi Windows Mobile 6.5 kelak akan menyertakan Outlook Mobile 2010 didalamnya.

Demikian dan mudah-mudahan tulisan singkat ini ada gunanya :)

 

Leave a Reply