Mencoba Windows 8 Pre-Beta (Windows Developer Preview) pada Hyper-V di Windows Server 2008 R2

Sejalan dengan diselenggarakannya event BUILD tanggal 13 – 16 September 2011, Microsoft pun mulai merilis versi pre-beta dari Windows 8 ke kalangan publik. Rilis yang diberi nama Windows Developer Preview ini sebetulnya lebih ditujukan bagi para developer agar mereka mendapatkan gambaran dasar secara global tentang sistem operasi yang baru ini. Pada versi download yang paling lengkap, Anda bisa mendapatkan Windows Developer Preview yang dikemas bersama beberapa aplikasi pendukungnya seperti misalnya Windows SDK for Metro style apps, Microsoft Visual Studio 11 Express for Windows Developer Preview, Microsoft Expression Blend 5 Developer Preview  berikut sekitar 28 Metro style apps.

Jika Anda ingin mencoba dan enggan untuk menggunakan komputer fisik Anda, maka Anda dapat mencobanya di lingkungan virtualisasi. Sebagai contoh pada tulisan ini saya mencoba untuk meng-install Windows Developer Preview ini dengan menggunakan Hyper-V pada Windows Server 2008 R2. Berikut uraian langkahnya.

Download Windows Developer Preview ini dari link yang terdapat dibagian bawah tulisan ini. Jika Anda hanya sekedar ingin mencoba sekaligus melihat tampilan MetroStyle-nya tanpa mau mencoba development-nya, Anda dapat mendownload edisi tanpa Developer Tools yang berukuran lebih kecil. Perhatikan juga platform yang akan digunakan, apakah 32-bit atau 64-bit.

Jalankan console Hyper-V di Windows Server 2008 R2, lalu buat sebuah VM baru. Atur seting RAM, Processor dan Hardisk agar sesuai. Sebagai contoh saya mengalokasikan RAM sebesar 8 GB dan hardisk 40 GB. Lalu pasang juga file ISO Windows Developer Preview ini yang telah didownload sebelumnya di bagian IDE Controller –> DVD Drive.

image

Setelah pengaturan seting selesai, jalankan VM dan Anda tinggal mengikuti langkah-langkah instalasi yang diberikan. Jangan khawatir, langkah instalasi ini hampir sama dengan instalasi Windows 7.

image

Pada komputer yang saya gunakan, instalasi berlangsung sekitar 30 menit. Dan berikut ini contoh tampilan akhir Windows 8 yang saya dapatkan setelah instalasi selesai seluruhnya.

image

Screenshot lengkap untuk langkah-langkah instalasi ini bisa dilihat pada link berikut ini.

Beberapa Catatan

  • Sistem yang saya gunakan untuk mencoba Windows Developer Preview ini adalah Processor AMD Athlon X2 3000 MHz dengan RAM 16 GB DDR-3 serta sistem operasi Windows Server 2008 R2.
  • Performance yang saya dapatkan sangat rendah, hal ini jelas karena Windows dijalankan di lingkungan virtualisasi. Selain itu juga karena belum adanya Hyper-V Integration Services untuk Windows Developer Preview ini membuat driver-driver yang digunakan masih standar saja.
  • Hyper-V yang saya gunakan hanya sekedar alternatif, Anda dapat juga mencobanya dengan program virtualisasi yang lain seperti misalnya Oracle Virtual Box atau VMware Workstation. Khusus untuk VMware, Anda harus menggunakan VMware Workstation 8 Beta, jika menggunakan VMware versi sebelumnya maka Anda akan mendapatkan pesan kesalahan HAL dan instalasi tidak dapat dilanjutkan.

Kebutuhan Minimal Sistem

SIstem minimal yang dibutuhkan untuk menjalankan Windows Developer Preview ini secara garis besar sama dengan kebutuhan sistem untuk Windows 7, yaitu:

  • Processor 1 GHz 32-bit (x86) atau 64-bit (x64)
  • RAM 1 GB (32-bit) atau 2 GB (64-bit)
  • Space Hardisk 16 GB (32-bit) atau 20 GB (64-bit)
  • Display Adapter yang mendukung DirectX 9 dengan driver WDDM 1.0
  • Monitor atau display peraga yang mendukung multi-touch (opsional)

Tautan

 

Leave a Reply