Mendinginkan Modem ADSL

Akhir-akhir ini kebetulan sedang giat-giatnya melakukan kegiatan download. Saking banyaknya yang harus didownload hingga modem dipaksa bekerja keras non-stop 24 jam..!! Namun setelah beberapa hari, modem tampak ngambek dengan tidak menunjukan aktifitas koneksi apapun. Dan gejala ngambeknya modem ini jelas hanya satu, yaitu panas. Selain karena disuruh untuk terus-terusan kerja, juga karena iklim di Bandung yang memang cukup panas akhir-akhir ini membuat suhu udara di kamar tempat modem tersebut bertahta menjadi panas juga. Agar modem bisa bekerja kembali maka modem harus dimatikan dulu beberapa saat hingga dingin dan barulah dinyalakan kembali untuk meneruskan aktifitasnya.

000a[3]

Modem yang saya gunakan memang masih modem ADSL standar bawaan Telkom Speedy yaitu TP-Link TD-8817 yang menurut cerita banyak forum di Internet memang terkenal akan kerentanannya terhadap panas. Solusi untuk ganti modem sempat terpikirkan, tapi rasanya sayang mengingat modem tersebut sebetulnya masih layak pakai. Akhirnya diputuskan untuk memasang kipas / fan saja didekat modem, setidaknya lumayan biar modemnya agak dingin. Namun saat menjelajahi gudang untuk mencari fan bekas, saya malah menemukan fan bekas hardisk yang bentuknya seperti gambar berikut ini.

000b

Nah.. mengingat ukuran fan tersebut yang nyaris seukuran modem, maka daripada dipasang didekat modem, maka saya putuskan untuk menempelkannya saja langsung diatas modem..!! So.. akhirnya modem pun dibongkar hingga menjadi 3 bagian seperti gambar berikut ini. Ada alasnya, penutupnya dan tentu saja board utamanya.

001

Fan akan dipasang diatas modem, dan agar aliran udara dari fan langsung menyentuh board, maka penutup modem pun harus dilubangi. Pertama-tama diukur dengan cara yang agak asal-asalan karena tidak punya penggaris :P Dan setelah diukur lalu dipotong dengan hanya menggunakan cutter yang dipanaskan, maklum.. semua serba dadakan :P

002

Sedikit dirapihkan agar tidak terlalu kasar hingga hasilnya tampak dari dalam seperti gambar berikut ini.

003

Berikutnya menyiapkan beberapa sekrup dan kabel sisa powersupply bekas untuk hubungan fan ke adaptor.

004

Pola hubungan listriknya jelas teramat sangat sederhana, hanya tinggal menghubungkan fan dengan adaptor biar fan-nya bisa muter dan kemudian jangan lupa untuk ditest dulu.

005

Fan lalu dipasangkan ke tutup modem dengan menggunakan sekrup biasa. Terlihat dari gambar, board modem kini akan langsung berhadapan dengan fan.

006

Lalu board utama modem dipasang kembali.

007

Beginilah tampilannya tampak dari samping setelah fan dan board terpasang.

008

Lalu disatukan kembali dengan alasnya.

009

Dan jadilah sebuah modem yang sudah memiliki built-in fan diatas board-nya :D

010

Akhirnya modem siap beraksi lagi dan melanjutkan kembali proses download yang sempat terhenti. Dan sampai saat saya memposting tulisan ini, modem tersebut masih tetap bekerja dengan giat untuk mendownload beragam resources dari Internet tanpa pernah ngambek lagi :)

011

Comments 2

Leave a Reply