Menentukan Lokasi Penyimpanan Data Outlook 2010

Tulisan ini sebetulnya untuk menjawab pertanyaan salah seorang peserta training pagi tadi. Sekalian saya tulis disini karena barangkali saja ada yang punya pertanyaan serupa. Yang ditanyakan peserta training tersebut adalah seputar aplikasi Microsoft Outlook 2010, yaitu:

“Dimanakah data Outlook kita tersimpan secara default dan bisakah kita merubah lokasi penyimpanan data tersebut?”

Sejujurnya saya malah tidak tahu dimana data Outlook kita tersimpan secara default :P, karena dari pertama kali menggunakan Outlook, yaitu mulai Outlook 2003, saya sendiri selalu menggunakan folder tertentu untuk menyimpan data Outlook saya. Folder data tersebut juga sengaja saya tempatkan di volume lain atau tidak berada dalam satu volume dengan Windows. Alasan dari kenapa saya selalu menempatkan data Outlook diluar volume Windows adalah jika suatu saat saya harus melakukan re-install Windows maka dengan mudah saya tinggal memformat volume yang berisikan Windows tersebut tanpa harus membackup terlebih dahulu data Outlook yang saya miliki karena berada di volume yang berbeda

Gambar berikut ini memperlihatkan struktur penyimpanan data Outlook didalam hardisk saya yang ditempatkan di D:\Data\Outlook. Didalam folder tersebut terdapat file data utama Outlook dalam format PST berikut beberapa folder lainnya untuk menyimpan data-data lainnya yang tentu saja masih berhubungan dengan Outlook.

image

Nah… sampai sini, pertanyaan dari peserta tersebut terjawab sudah, yaitu jelas kita bisa merubah lokasi penyimpanan data Outlook kita dimanapun sesuai keinginan kita sendiri. Pada Outlook 2010, cara menentukan lokasi penyimpanan data ini sangat mudah. Tinggal masuk ke Backstage –> Info –> Account Settings.

image

Kemudian pada kotak dialog Account Settings klik tab Data Files untuk melihat lokasi penyimpanan data Outlook kita. Untuk menentukan lokasi penyimpanan data yang baru tinggal klik tombol Add dan tentukan lokasi folder yang kita inginkan. Jika kita menginginkan agar folder tersebut menjadi lokasi penyimpanan default maka tinggal klik tombol Set as Default.

image

Untuk Outlook 2003 maupun Outlook 2007, caranya jelas sama, hanya saja cara menampilkan kotak dialog Account Setting-nya yang mungkin berbeda.

 

Leave a Reply