Mengakses Layanan Social Network dengan Outlook Social Connector

Sesuai dengan namanya, Outlook Social Connector (OSC) adalah sebuah fitur yang dapat menghubungkan aplikasi Outlook dengan layanan Social Network yang sedang menjadi tren akhir-akhir ini, seperti misalnya FaceBook, MySpace, LinkedIn, dan lain sebagainya. Fitur ini secara default akan di-integrasikan didalam Outlook 2010 yang menurut rencana akan segera dirilis di tahun ini. Penampakan OSC ini sendiri sudah kita dapatkan pada Outlook 2010 versi Beta yang dirilis tahun lalu, hanya saja saat itu belum bisa digunakan karena connector dari providernya sendiri yang memang belum tersedia.

Akhir Februari kemarin, pada situs resmi Outlook Social Conector, kita sudah bisa mendapatkan connector dari salah satu provider Social Network yang terkenal di lingkungan corporate yaitu LinkedIn. Hal yang menggembirakan adalah pada situs tersebut dapat dilihat bahwa beberapa connector untuk provider lainnya seperti misalnya Facebook dan MySpace akan segera dirilis juga.

image

Cara menggunakan Outlook Social Connector ini juga sangat mudah, berikut ini caranya.

  • Download connector untuk LinkedIn di alamat berikut ini:
    http://www.linkedin.com/outlook
  • Setelah download selesai, install connector tersebut. Pastikan sebelum meng-install agar aplikasi Outlook berada dalam kondisi tertutup.

image

  • Jalankan Outlook Anda, lalu perhatikan di-sudut kanan bawah, Anda akan mendapatkan sebuah tombol untuk membuka People Pane. Klik tombol tersebut.

image

  • Pada tampilan People Pane, klik bagian Connect to social networks…

image

  • Kotak dialog Social Network Accounts akan terbuka, beri tanda ceklist pada bagian LinkedIn lalu isikan User Name dan Password yang sesuai. Sekedar catatan, Anda tidak akan menemukan entri LinkedIn ini jika sebelumnya Anda belum meng-install connector untuk LinkedIn tersebut.

image

  • Klik tombol Connect untuk melanjutkan. Jika berhasil Anda akan mendapatkan informasi Connected as:….
  • Di sudut kanan atas, terdapat tombol Settings untuk mengatur beberapa seting tambahan.

image

  • Beberapa seting yang dapat Anda atur misalnya merubah User Name dan Password, mendownload daftar kontak, serta mendownload aktifitas dari teman-teman Anda.

image

  • Klik tombol OK jika sudah selesai. Dan sebuah informasi akan ditampilkan bahwa Anda telah berhasil meng-install connector LinkedIn ini.

image

  • Klik tombol Close untuk mengakhiri semua proses ini dan kembali ke aplikasi Outlook.

Nah sekarang, apa yang Anda dapatkan dengan meng-install OSC ini ? Salah satu contohnya adalah dengan memanfaatkan fitur People Pane dimana Anda dapat melihat update status serta beberapa aktifitas dari teman-teman Anda tanpa perlu meninggalkan aplikasi Outlook lagi seperti tampak pada gambar berikut ini.

image

Selain itu, daftar teman-teman Anda dari situs LinkedIn juga tentunya telah di-integrasikan didalam Outlook hingga mempermudah Anda untuk senantiasa berhubungan dengan mereka :-)

image

Beberapa Catatan:

Demikian dan mudah-mudahan tulisan singkat ini ada gunanya :-)

Comments 2

  • sama2, senang kalo tulisan ini berguna :)
    perihal instalasinya yg berbeda2, itu tentunya bergantung kepada kesepakatan antara provider jejaring sosial tersebut dengan pihak Microsoft..
    Oks.. :)

  • thanks mas .. info yg bermanfaat dan saya sudah berhasil mencoba nya .. tapi mo tanya lagi untuk jejaring social seperti facebook knapa harus download ke microsoft nya lagi yahh . ga ada ya di facebook yg semacam linkedin ini instalalsi nya ?
    thanks

Leave a Reply