Mengaktifkan Fitur 4G/LTE Permanen pada Redmi Note 3 Pro

Smartphone Redmi Note 3 Pro yang digunakan anak saya sudah mendukung fitur 4G/LTE. Namun karena saya membelinya bukan resmi maka fitur ini berada dalam kondisi non-aktif (disable), bahkan pilihannya pun tidak ditemukan dalam seting smartphone tersebut. Awalnya ada beberapa cara untuk mengakalinya, namun setelah update ROM terbaru, cara-cara tersebut tidak bisa dilakukan lagi. Untungnya setelah browsing kesana-kemari, ketemu juga solusinya agar fitur ini bisa tetap aktif secara permanen.

Secara garis besar hanya ada 3 tahapan yang harus dilakukan untuk mengaktifkan fitur 4G/LTE ini, yaitu:

1. Unlock Bootloader

Tidak seperti perangkat Redmi 1 dan Redmi 2 yang pernah saya coba, bootloader Redmi Note 3 Pro ini ternyata berada dalam kondisi terkunci alias sama sekali tidak bisa “dioprek” lebih lanjut. Untuk membuka penguncian Bootloader tersebut, kita harus mengirimkan request ke pihak Xiaomi terlebih dahulu hingga akhirnya mendapatkan persetujuan. Berikut ini contoh SMS yang saya dapatkan yang berisikan keterangan bahwa request saya telah disetujui oleh pihak Xiaomi.

Mengaktifkan Fitur 4G-LTE Permanen pada Redmi Note 3 Pro_

Dan panduan lengkap untuk Unlock Bootloader ini saya ikuti dari tautan berikut ini:

Unlock Redmi Note 3 Bootloader

2. Install TWRP (ZCX TWRP)

Setelah Bootloader berhasil di-unlock, tahapan berikutnya adalah meng-install TWRP, yaitu Custom Recovery bagi Android yang memungkinkan kita untuk melakukan instalasi Custom ROM, Backup/Restore System, dlsb. Ada banyak versi TWRP yang beredar di Internet, dan yang saya gunakan adalah ZCX TWRP. Alasannya karena ZCX TWRP ini memungkinkan kita untuk melakukan update ROM secara OTA. Panduan lengkap untuk install ZCX TWRP ini saya ikuti dari tautan berikut ini.

Tutorial Lengkap UBL, Install TWRP dan ROOT di Redmi Note 3 Pro

Catatan: Jika Anda sudah melakukan proses Unlock Bootloader, maka pada tautan diatas Anda bisa langsung mulai dari Step 2.

Berikut ini screenshot proses instalasi ZCX TWRP yang sedang saya kerjakan.

Mengaktifkan Fitur 4G-LTE Permanen pada Redmi Note 3 Pro_ Mengaktifkan Fitur 4G-LTE Permanen pada Redmi Note 3 Pro_

3. Install Fix 4G/LTE

Tahapan terakhir adalah meng-install Fix 4G/LTE secara permanen. Instalasi Fix ini dilakukan lewat TWRP yang telah di-install sebelumnya pada step ke-2 diatas. Dari sekian banyaknya Fix yang saya temukan di Internet, ada 1 Fix yang proses instalasinya mudah dan sederhana, tidak perlu akses root, dan tentunya jalan dengan baik alias tidak ada kendala sama sekali. Panduan lengkap untuk install Fix 4G/LTE yang saya gunakan bisa dilihat pada tautan berikut ini.

http://en.miui.com/thread-472731-1-1.html

Hasil akhirnya pengaturan LTE kini ditampilkan dan tentunya smartphone Redmi Note 3 Pro yang digunakan anak saya bisa terhubung ke jaringan 4G / LTE.

Mengaktifkan Fitur 4G-LTE Permanen pada Redmi Note 3 Pro_

Demikian dan mudah-mudahan posting ini ada gunanya buat siapa saja yang sudah nyasar ke weblog ini :)

 

Leave a Reply