Mengatur Gridlines pada Aplikasi Excel

Semua pengguna aplikasi Excel tentunya mengenal Gridlines, yaitu deretan garis horisontal dan vertikal yang menjadi panduan kita dalam melihat batas suatu sel atau range. Gridlines tidak akan ditampilkan saat kita mencetak suatu lembar kerja Excel, karena kegunaannya sendiri hanya sebagai alat bantu tampilan saja. Jika dibutuhkan, Gridlines ini dapat kita hilangkan bahkan kita juga dapat merubah warnanya. Caranya sebagai berikut.

Pada Excel 2010 klik tab File lalu pilih Options. Lalu pada kotak dialog Excel Options yang ditampilkan, klik Advanced di bagian kiri. Berikutnya di bagian kanan, scroll agak kebawah. Dan kita akan menemukan pengaturan Gridlines ini dibagian Display options for this worksheet.

image

Untuk menyembunyikan tampilan Gridlines, hilangkan tanda ceklist di bagian Show gridlines, dan untuk mengatur warna Gridlines, kita tinggal memilih warna yang sesuai di bagian Gridline color. Jika sudah, akhiri dengan meng-klik tombol OK dan lihat perubahannya.

Sebagai alternatif, perintah untuk menyembunyikan Gridlines bisa kita dapatkan juga pada ribbon, yaitu pada tab View, didalam grup perintah Show.

image

Dengan cara yang relatif hampir sama, pengaturan Gridlines ini juga bisa kita temukan pada Excel 2007.

Demikian dan mudah-mudahan tulisan / tips singkat ini ada gunanya :)

 

Leave a Reply