Mengenal Fitur Protected View pada Office 2010

Protected View adalah sebuah fitur keamanan baru pada Office 2010. Fitur keamanan ini akan kita dapatkan pada aplikasi Word 2010, Excel 2010, dan PowerPoint 2010. Secara garis besar, cara kerja Protected View ini adalah aplikasi akan membatasi mode editing jika kita membuka file yang dianggap berbahaya atau mungkin mencurigakan. File memang tetap dapat kita buka, namun dalam mode Read-Only.

Ada 3 kondisi yang dapat membuat fitur Protected View ini aktif, yaitu

  • Jika kita membuka file langsung dari Internet atau bersumber dari Internet.
  • Jika kita membuka file dari lokasi yang tidak aman, misalnya file yang terletak didalam Temporary Folder Windows.
  • Jika kita membuka file yang berasal dari attachment Outlook.

Contoh yang paling mudah untuk melihat cara kerja Protected View ini adalah, cobalah untuk membuka file yang berasal dari attachment email. Saat kita buka file tersebut, maka secara otomatis jendela aplikasi akan menampilkan peringatan “Protected View – This file originated as an e-mail attachment and might be unsafe” seperti tampak pada gambar berikut ini.

025

Dalam kondisi seperti ini, file jelas masih dapat kita baca isinya namun kita tidak dapat merubahnya karena berada dalam mode Read-Only. Jika kita memang yakin bahwa file tersebut berasal dari sumber yang terpercaya dan tidak berbahaya, maka tinggal dinon-aktifkan saja mode Read-Only-nya dengan cara meng-klik tombol Enable Editing.

image5

Dan hasilnya file tersebut kini dapat kita sunting kembali seperti biasa.

Tautan:

Untuk penjelasan yang lebih detail tentang Protected View ini, bisa dilihat di situs TechNet berikut ini:

Demikian sekedar tulisan singkat tentang salah satu fitur baru untuk urusan keamanan file yang dapat kita temukan di Office 2010. Mudah-mudahan ada gunanya :)

 

Leave a Reply