Mengenal Layanan Content Curation dari Microsoft

Dalam bidang komputerisasi, selain istilah "Digital Curation" dikenal juga istilah "Content Curation". Merujuk kepada Wikipedia, arti Content Curation ini adalah sebuah proses mengumpulkan, mengorganisasi, dan menampilkan suatu informasi yang relevan dengan topik atau bidang tertentu. Secara garis besar mungkin Content Curation ini artinya mirip dengan kliping, yaitu suatu proses mengumpulkan potongan artikel atau tulisan dari koran dan majalah sesuai dengan topik yang kita inginkan.

Content curation is the process of collecting, organizing and displaying information relevant to a particular topic or area of interest. Services or people that implement content curation are called curators. Curation services can be used by businesses as well as end users.
(
http://en.wikipedia.org/wiki/Content_curation)

Namun jika istilah kliping lebih ke arah pengumpulan informasi dalam bentuk fisik, maka istilah Content Curation lebih ditujukan untuk pengumpulan informasi secara digital, sebagai contoh misalnya informasi yang kita dapatkan dari halaman sebuah website.

Di rimba Internet, sudah banyak layanan yang pola kerja atau aktifitasnya merujuk kepada Content Curation ini, salah satunya yang terkenal misalnya Pinterest. Dan mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa Microsoft pun memiliki layanan untuk Content Curation ini, layanan ini dinamakan dengan Curah! dan bisa diakses di alamat: http://curah.microsoft.com/

curah-01

Curah! lebih ditujukan sebagai sarana berbagi ilmu dan pengalaman bagi siapapun dengan ruang lingkup seputar produk dan teknologi Microsoft. Layanan ini tentunya bersifat gratis, yang artinya setiap orang bisa mengakses semua konten yang ada dalam Curah! tanpa harus membayar sepeserpun. Konten-konten yang dimuat didalam Curah! juga merupakan hasil kontribusi dari publik, jika Anda memang senang ngoprek produk dan teknologi Microsoft dan memiliki passion untuk berbagi Anda pun bisa menjadi kontributor dari Curah!.

Bagi kontributor, secara garis besar cara penggunaan Curah! mirip dengan Pinterest, yaitu Anda tinggal menentukan topik tertentu, menambahkan keterangan, dan kemudian menambahkan link-link website yang berhubungan dengan topik pilihan Anda tersebut. Penambahan link-link ini juga hendaknya disertai dengan deskripsi atau keterangan singkat agar pembaca tau kenapa link tersebut Anda pilih terkait dengan topik utamanya.

curah-02

Berikut ini contoh tampilan konten yang sudah jadi dalam Curah!

curah-03

Tertarik untuk ikut berbagi? silakan segera berkunjung ke website Curah! di:
http://curah.microsoft.com/

Dan berikut ini link untuk melihat daftar beberapa topik yang pernah saya buat di Curah!:
http://curah.microsoft.com/curator/60610

Demikian dan mudah-mudahan tulisan singkat ini ada gunanya buat siapa saja yang nyasar ke weblog ini :)

 

Leave a Reply