Home  |  About  |  Publication  |  TechNet Wiki


Mengenal Metode Instalasi "Click-to-Run" pada Office 2013 Customer Preview

Sejalan dengan Office 2013 Customer Preview yang baru saja dirilis, Microsoft juga memperkenalkan metode instalasi yang dinamakan dengan Click-to-Run. Metode instalasi ini bersandar pada teknologi streaming dan virtualisasi dari Microsoft, serta proses instalasinya dari awal hingga akhir akan dilakukan secara online yang diawali dengan mendownload sebuah file berukuran kecil sebagai executable untuk memulai proses instalasi tersebut. Lalu kenapa teknologi yang digunakan pada metode ini disebut dengan streaming dan virtualisasi? berikut ini penjelasannya secara garis besar.

  • Teknologi Streaming pada metode instalasi ini dapat Anda anggap seperti halnya Anda menonton sebuah video streaming. Pada metode instalasi tradisional / klasik, software baru bisa digunakan setelah instalasi selesai 100%, namun pada metode Click-to-Run, aplikasi akan diinstall secara bertahap dan berjalan sebagai background. Dengan demikian, walaupun proses instalasi belum selesai namun secara garis besar aplikasi sudah bisa Anda gunakan. Dan jika saat proses instalasi belum selesai kemudian Anda menggunakan fitur yang belum terinstall, maka fitur yang akan Anda gunakan tersebut akan langsung didownload dan diinstall secara otomatis mengikuti proses instalasi yang sedang jalan tersebut.
  • Teknologi Virtualisasi akan membuat aplikasi yang diinstall berada dalam sebuah mode virtual yang terisolasi alias berdiri sendiri. Keuntungannya adalah aplikasi yang diinstall dapat berjalan berdampingan dengan aplikasi sama namun berbeda versi. Sebagai contoh, jika pada komputer / laptop Anda telah terinstall Office 2010, maka Office 2013 ini dapat di-install lalu dijalankan berdampingan tanpa harus menghapus terlebih dahulu Office 2010 yang telah terpasang.

Selain kedua hal tersebut diatas, keuntungan lainnya yang sangat berguna pada metode Click-to-Run ini adalah aplikasi yang akan diinstall selalu merupakan versi yang paling up-to-date. Artinya setelah instalasi selesai Anda tidak perlu lagi melakukan instalasi berbagai Patch ataupun Service Pack karena versi yang terinstall sudah merupakan rilis yang paling akhir / paling baru.

Dan setelah instalasi selesai seutuhnya, hubungan online jelas tidak diperlukan lagi. Koneksi internet dapat diputuskan karena aplikasi sudah terinstall secara offline dan dapat digunakan seperti biasanya.

Nah, jika Anda tertarik untuk mulai mencoba dan mengeksplorasi Office 2013 Customer Preview sekaligus mencoba metode instalasi Click-to-Run ini, silakan kunjungi tautan berikut ini:

http://www.microsoft.com/office/preview/en

Pada halaman yang ditampilkan, lakukan Sign-Up / pendaftaran dengan Windows Live-ID Anda. Dan berikutnya Anda tinggal mengikuti panduan instalasi yang diberikan secara step-by-step hingga selesai.

Sekedar untuk bantuan, berikut ini kumpulan screenshot urutan instalasi Office 2013 Customer Preview dengan metode Click-to-Run yang saya coba jalankan pada Windows 8 Customer Preview.

Untuk mengetahui proses instalasi Office dengan cara standar, serta apa saja kebutuhan minimal sistemnya termasuk beberapa screenshot Office 2013 Customer Preview dalam format Hires, silakan membaca tulisan saya yang lain di weblog ini :)

Demikian dan mudah-mudahan tulisan ini ada gunanya :)

July 18th, 2012   |   Posted in Microsoft, Office