Mengenal Penggunaan PivotTable, Data Model, dan Power View pada Excel 2016 untuk Analisa Data

PivotTable adalah sebuah fitur yang sangat terkenal di kalangan para pengguna aplikasi Microsoft Excel, terutama di kalangan pekerja kantoran. Fitur ini sangat membantu untuk meringkas suatu tabel data yang kompleks menjadi tabel yang lebih sederhana dan dinamis, hingga lebih mudah untuk dibaca dan dianalisa lebih lanjut jika dibandingkan dengan membaca tabel aslinya.

Jika Anda belum mengenal sama sekali fitur PivotTable ini, perhatikan tabel berikut ini.

excel-pivot-01

Tabel yang memuat laporan penjualan tersebut tampak sederhana, namun bagaimana jika Anda ingin mencari data yang spesifik dari tabel tersebut, misalnya saja:

  • Ada berapa Unit barang yang berhasil dijual oleh Sales yang bernama Vilya?
  • Siapa Sales yang angka penjualannya paling tinggi?
  • Ada berapa unit barang PROD-C31 yang berhasil terjual?
  • …dan lain sebagainya.

Sebetulnya ada banyak solusi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda bisa menggunakan Fungsi SUM yang dikombinasikan dengan perintah SORT, atau bisa juga dengan menggunakan perintah SubTotal. Namun cara tersebut tentunya tidak efektif, menyita waktu, dan yang terutama akan merubah struktur tabel tersebut, kecuali jika sebelumnya tabel sumber data telah Anda salin dulu ke Sheet yang lain.

Disinilah letak keunggulan PivotTable. Dengan adanya PivotTable maka data pada tabel sumber atau tabel aslinya tidak perlu Anda salin terlebih dahulu karena hasil ringkasan data akan ditempatkan PivotTable secara otomatis pada Sheet yang baru. Kemudian tabel sumber data dengan PivotTable juga tetap terhubung satu sama lain, yang artinya jika data pada tabel sumber mengalami perubahan maka ringkasan data yang dihasilkan oleh PivotTable pun akan ikut berubah juga.

Berikut ini contoh PivotTable yang dihasilkan dari tabel diatas lengkap dengan PivotChart untuk mempermudah pembacaan analisa data serta Slicer sebagai tombol-tombol bantuan untuk mempermudah filtering data.

excel-pivot-02

Bagaimana konsep dasar cara menggunakan PivotTable ini? Agar lebih jelas Anda dapat mengikuti Screencast saya berikut ini.

Screencast ini menjelaskan konsep dasar dan best practices tentang cara menggunakan perintah PivotTable pada Excel 2016, termasuk konsep pembuatan PivotChart dan Slicer untuk mempermudah pembacaan dan penggunaan PivotTable tersebut.

PivotTable dengan Data Model pada Excel 2016

PivotTable ini umumnya digunakan jika tabel sumber data terletak pada satu sheet saja. Untuk mempermudah pembuatan PivotTable dari tabel yang tersebar pada beberapa sheet, maka Anda dapat menggunakan fitur Data Model. Panduan lengkap cara menggunakan Data Model ini bisa Anda lihat pada Screencast saya berikut ini.

Screencast ini menjelaskan konsep dasar dan best practices tentang cara menggunakan Data Model pada Excel 2016 untuk membuat PivotTable dengan sumber data yang berasal dari beberapa tabel yang terpisah.

Visualisasi Data dengan Power View pada Excel 2016

Power View adalah fitur analisa data lanjutan yang bisa Anda dapatkan pada Excel 2013 dan 2016. Kegunaan dasar dari Power View ini hampir sama dengan PivotTable, yaitu untuk meringkas data agar mudah untuk dianalisa lebih lanjut. Hanya saja ringkasan data yang dihasilkan oleh Power View ini dikemas dalam tampilan atau visualisasi yang lebih menarik dan tampak professional, tentunya tanpa mengorbankan sisi kemudahan penggunaannya.

Berikut ini contoh tampilan Power View pada Excel 2016 yang dihasilkan dari table penjualan diatas.

excel-pivot-03

Konsep dasar pembuatan Power View pada Excel 2016 serta apa saja keunggulan dan best practice penggunaannya bisa Anda lihat pada Screencast saya berikut ini.

Demikian sekedar tulisan singkat tentang konsep dasar analisa data dengan memanfaatkan fitur PivotTable, Data Model, dan Power View pada Excel 2016 yang mudah-mudahan bisa memberikan pencerahan bagi siapa saja yang kebetulan nyasar ke halaman ini :)

Catatan:

  • Kenapa dalam tulisan ini tidak dibuatkan tutorialnya saja dalam bentuk rangkaian gambar atau screenshot? Kebetulan langkah-langkah pengerjaannya lumayan panjang hingga mestinya akan lebih mudah jika saya sajikan saja dalam bentuk Screencast :)
  • Semua Screencast yang ada di posting ini, selain saya upload ke YouTube, juga dimuat di situs Microsoft Channel 9.

Leave a Reply