Menggunakan Autologin pada Windows 7 dan Windows Server 2008

Untuk beberapa keperluan ataupun kondisi tertentu, mungkin kita ingin agar bisa login kedalam sistem operasi Windows secara otomatis atau tanpa harus mengetikan password lagi secara manual. Hal ini lumayan membantu jika kita memang ingin memaksa Windows untuk digunakan oleh user tertentu saja. Sebagai contoh, misalkan saat saya hendak menyampaikan training selama beberapa hari untuk beberapa peserta, maka kegiatan pengisian password yang harus selalu dilakukan tiap harinya di awal training memang kadang jadi membosankan juga.

Nah, seperti telah disebut diatas maka sebagai solusinya kita dapat menggunakan fitur Autologin pada Windows. Artinya setiap kali komputer dinyalakan maka secara otomatis user tertentu akan langsung login kedalam Windows tanpa harus mengetikan password lagi secara manual. Cara menggunakan Autologin ini pada sistem operasi Windows 7 dan Windows Server 2008 adalah sebagai berikut.

Login kedalam Windows sebagai Administrator atau user lain dengan hak akses Administrator. Lalu jalankan kotak dialog Run (bisa dengan shortcut Win + R) dan ketikan perintah CONTROL USERPASSWORDS2

login-01

Berikutnya pada kotak dialog User Accounts yang ditampilkan, tinggal hilangkan tanda ceklist di bagian Users must enter a user name and password to use this computer.

login-02

Kotak dialog Automatically Log On akan ditampilkan. Tinggal masukan user name yang diinginkan untuk login secara otomatis berikut passwordnya juga. Dan akhiri dengan meng-klik tombol OK.

logon-03

Cobalah untuk merestart komputer dan lihat hasilnya. Sekarang tiap kali kita menyalakan komputer maka secara otomatis user yang telah kita tetapkan sebelumnya akan langsung login tanpa harus mengetikan password lagi secara manual :)

Demikian dan mudah-mudahan tulisan singkat ini ada gunanya :)

 

Leave a Reply