Menggunakan Bing Translator pada Internet Explorer Accelerator

Sejalan dengan tulisan sebelumnya tentang Microsoft Virtual Academy, banyak rekan yang mengeluhkan tentang bahasa di portal tersebut yang menggunakan bahasa Inggris. Nah, untuk sedikit membantu kita terkait dengan masalah bahasa tersebut, maka kita dapat menggunakan add-on Bing Translator yang merupakan bagian dari fitur Internet Explorer Accelerator.

Internet Explorer Accelerator atau yang lazim disebut dengan Accelerator saja adalah sebuah fitur untuk mempercepat akses ke layanan atau pekerjaan lain berdasarkan konten yang kita pilih sebelumnya. Oleh karena itu, tombol atau icon untuk mengakses Accelerator ini hanya akan ditampilkan jika kita telah memilih konten terlebih dahulu.

Accelerator diperkenalkan dan sudah disertakan secara default mulai Internet Explorer 8. Untuk memeriksanya, buka menu Tools lalu pilih menu Manage Add-ons. Di kolom Add-on Types pastikan ada entri Accelerators. Sementara untuk add-on Bing Translator bisa kita lihat di kolom bagian kanan.

image

Jika ternyata add-on Bing Translator ini belum terinstall, dengan mudah kita dapat menginstallnya dengan cara berkunjung ke situs berikut ini:

http://www.iegallery.com/Addons/Details/205

Dan berikutnya tinggal klik tombol Add to Internet Explorer.

image

Setelah Bing Translator terinstall sebagai Accelerator pada Internet Explorer, berikut ini contoh penggunaannya.

Login ke situs Microsoft Virtual Academy lalu cobalah untuk memilih / menyorot sebagian teks dan perhatikan disudut kiri atas akan muncul sebuah icon panah kecil. Icon tersebut adalah icon untuk mengakses Accelerator. Klik pada icon tersebut.

image

Berikutnya pada menu yang ditampilkan, geser pointer mouse pada All Accelerators –> Translate with Bing dan pada jendela kecil yang ditampilkan, pilih Indonesian di pilihan sebelah kanan.

image

Dan hasilnya, perhatikanlah bahwa terjemahan atau translasi dari bagian teks yang telah kita pilih sebelumnya akan ditampilkan pada jendela kecil tersebut :)

Tanpa bantuan Accelerator pun proses translasi ini sebetulnya dengan mudah bisa kita lakukan juga dengan batuan situs translasi seperti Google Translate atau Microsoft Translator. Namun perbedaannya adalah, pada situs tersebut kita harus melakukan proses Copy-Paste terlebih dahulu atau menterjemahkan isi halaman web keseluruhan. Sementara dengan bantuan Accelerator, kita dapat tetap melihat halaman web yang sesungguhnya dan bisa menerjemahkan bagian-bagian teks yang kita inginkan saja, tentunya tanpa harus keluar ataupun berpindah dari halaman web tersebut. Dan hal seperti ini rasanya bisa membantu kita juga dalam belajar bahasa Inggris :)

Bantuan translasi bahasa dengan Accelerator ini juga jelas tidak hanya untuk portal Microsoft Virtual Academy saja, namun bisa juga kita gunakan pada situs-situs lainnya. Syaratnya cuman satu, gunakan browser Internet Explorer :)

Demikian dan mudah-mudahan tulisan singkat ini ada gunanya.

Leave a Reply