Menggunakan Bullzip PDF Printer

Ada banyak cara untuk merubah dokumen kedalam format PDF, bahkan beberapa aplikasi seperti misalnya Microsoft Office bisa langsung menyimpan kedalam format PDF ini, sayangnya file2 PDF yang dihasilkan size-nya relatif besar. Cara lainnya bisa dengan software Adobe Acrobat Professional (bukan Acrobat Reader), namun software ini sifatnya berbayar alias tidak gratis :P

Sebagai alternatif lainnya agar file PDF yg dihasilkan sizenya tidak terlalu besar, Anda bisa mencoba software yang bernama Bullzip PDF Printer. Sesuai dengan namanya, software ini akan difungsikan sebagai sebuah printer. Jadi saat hendak membuat file PDF, misalnya dari dokumen Word, maka Anda tinggal mencetak saja dokumen tersebut, namun printer yang digunakan untuk mencetak bukan printer fisik melainkan Bullzip PDF printer ini.

bullzip-00

Bullzip PDF Printer dapat digunakan di hampir semua versi sistem operasi Windows, baik Windows Client maupun Windows Server. Software ini sifatnya berbayar, namun jangan khawatir karena tersedia juga versi gratisnya yaitu Community Edition untuk digunakan hingga maksimum 10 pengguna. Anda dapat mendownload Community Edition ini di situs resminya http://bullzip.com

Setelah download selesai, Anda tinggal meng-installnya seperti biasa. Namun pastikan saat instalasi ini komputer yang Anda gunakan terhubung dengan Internet karena ada beberapa file yang akan di-download langsung dari Internet saat proses instalasi berjalan. (Catatan: Jika komputer tidak terhubung ke internet saat instalasi, Anda dapat juga mendownload offline installernya).

bullzip-01

bullzip-03

Setelah instalasi selesai, periksa status Bullzip PDF Printer ini dalam Devices and Printers di Control Panel Windows.

bullzip-05

Disini Anda dapat mengatur Bullzip PDF Printer ini seperti halnya printer biasa, misalnya saja untuk mengatur ukuran kertas default, pencetakan warna atau hitam-putih, dlsb.

bullzip-06

Kemudian untuk mengatur seting2 PDF yg lebih spesifik, misalnya seperti menambahkan properti PDF, watermark, password, dlsb., Anda dapat menggunakan Bullzip PDF Printer Options. Shortcutnya dapat Anda temukan didalam Start Menu Windows.

bullzip-07

Sekarang bagaimana cara menggunakan software ini? Seperti telah dituliskan diatas, Anda tinggal memilih perintah pencetakan atau Print dari aplikasi / software apapun, kemudian pilih printer Bullzip PDF Printer.

bullzip-08

Sebagai informasi tambahan, gambar berikut ini menunjukan komparasi ukuran file PDF yg dihasilkan.

  • File aslinya (yg dirubah menjadi PDF) adalah file dokumen Word dgn ukuran file sekitar 1.7 MB.
  • File PDF yg dihasilkan langsung dari Word dgn seting Standard ukuran filenya adalah 656 KB.
  • File PDF yg dihasilkan langsung dari Word dgn seting Minimum ukuran filenya adalah 531 KB.
  • File PDF yg dihasilkan oleh Bullzip PDF Printer ukuran filenya adalah 485 KB.

bullzip-09

Perbedaan ukuran file yg sedikit ini sekilas tidak terlalu berpengaruh, namun bayangkan saja jika file2 tersebut jumlahnya banyak, tentunya Anda bisa lumayan menghemat space hardisk. Apalagi jika file2 PDF tersebut misalnya saja hendak dikirimkan via email sebagai attachment. Semakin kecil file, maka pengiriman email pun tentunya akan semakin lancar, baik di sisi pengirim maupun penerima email :)

 

Leave a Reply