Menggunakan Fitur Disk Cleanup pada Windows

Sebelum kembali sibuk dengan aktifitas dan pekerjaan di awal tahun 2017 ini, saya mulai beres-beres isi hardisk dan melakukan sedikit perawatan pada Windows 10 yang saya gunakan di laptop utama saya karena tampaknya memang sudah lama sekali tidak pernah terurus :D

Salah satu perawatan yang saya lakukan adalah menggunakan fitur Disk Cleanup yang merupakan salah satu fitur bawaan atau fitur default pada sistem operasi Windows. Kegunaan fitur ini secara garis besar adalah untuk mencari file-file sampah yang sudah tidak digunakan lagi agar kapasitas hardisk tidak semakin penuh dan terbebani.

Sejujurnya ini pertama kalinya saya menggunakan fitur Disk Cleanup ini. Dan setelah dijalankan, langsung takjub melihat hasilnya, ternyata saya bisa mendapatkan tambahan kapasitas kosong sekitar 38.1 GB !!

Untuk menggunakan Disk Cleanup ini caranya sangat mudah, tinggal klik Start Menu Windows, ketikan Disk Cleanup, lalu klik pada pilihan yang ditampilkan.

Atau bisa juga dengan menggunakan kotak dialog Run, lalu ketikan perintah CLEANMGR.EXE.

Berikutnya kita akan dipandu oleh wizard atau tahapan langkah demi langkah hingga selesai.

Nah, buat rekan-rekan pengguna Windows, rajin-rajinlah menggunakan fitur ini agar kapasitas hardisk kita tidak penuh dengan file-file sampah yang tidak berguna :D

 

Leave a Reply