Menggunakan Fitur Universal Remote dengan IR-Extender pada Smart-TV

Pada beberapa perangkat TV pintar atau yang saat ini lazim disebut dengan Smart-TV, ada salah satu fitur yang sangat berguna yaitu fitur Universal Remote. Fitur ini memungkinkan kita untuk mengontrol perangkat eksternal lain yang kompatibel dan terhubung dengan TV seperti misalnya perangkat Dekoder TV, BluRay Player, dlsb., cukup dengan menggunakan remote bawaan TV saja. Fitur Universal Remote ini bekerja dengan bantuan perangkat tambahan lain yang umum disebut dengan IR-Extender atau IR-Blaster. Perangkat IR-Extender ini pada umumnya sudah disertakan bersama paket penjualan TV. Bentuknya biasanya berupa sensor kecil yang terhubung ke TV dengan menggunakan kabel dan jack 3.5mm. Gambar berikut ini adalah contoh IR-Extender untuk Smart-TV dari Samsung.

ir-extender-00

Cara kerja Universal Remote dan IR-Extender ini secara garis besar sangat sederhana, yaitu TV akan menerima sinyal-sinyal yang sesuai dari remote TV dan kemudian meneruskannya ke perangkat eksternal melalui sensor pada IR-Extender tersebut. Oleh karena itu sensor IR-Extender harus diletakan secara berhadapan dengan  penerima sensor pada perangkat eksternal yang akan dikontrol.

Agar lebih jelas, berikut ini contoh cara pemasangan dan konfigurasi dari IR-Extender dan Universal Remote tersebut untuk mengontrol perangkat Dekoder TV Satelit dari TelkomVision yang terhubung melalui port RCA / AV biasa ke TV Samsung.

Langkah pertama adalah menghubungkan IR-Extender ke port yang sesuai yang umumnya terletak dibelakang TV, kemudian sensor IR-Extender diletakan sekitar 5 – 10 cm didepan penerima sensor pada perangkat Dekoder TelkomVision. Skema pemasangannya dapat dilihat pada gambar berikut ini.

ir-extender-01

Dan berikut ini penampakan aslinya.

ir-extender-02

Langkah berikutnya adalah melakukan konfigurasi Universal Remote pada TV. Sebagai contoh untuk TV Samsung, pada remote TV tersebut klik tombol More > Menu > System > Device Manager > Universal Remote Setup hingga muncul tampilan pembuka seperti berikut ini. Pilih tombol Start untuk melanjutkan.

ir-extender-03

Pada bagian Select Device Type, pilih perangkat eksternal yang sesuai. Untuk perangkat Dekoder TV Satelit pilihannya adalah Set-top box. Kemudian pilih tombol panah kanan untuk melanjutkan.

ir-extender-04

Pada bagian Select a service provider for your Set-top box, terlihat bahwa TV Samsung telah menyediakan pilihan untuk provider Indovision dan FirstMedia. Sayangnya untuk TelkomVision tidak ada, bahkan jika saya gunakan fitur pencarian dengan keyword TelkomVision atau YesTV, hasilnya juga tetap tidak ditemukan :(

ir-extender-05

Sebelum putus asa, iseng saya ketikan kata Skyworth pada kolom pencarian karena kebetulan dekoder dari TelkomVision merk-nya adalah Skyworth, dan hasilnya… ternyata ditemukan :) Lanjutkan dengan memilih tombol panah kanan.

ir-extender-06

Pada bagian Select TV Input Source, pilih input yang sesuai, sebagai contoh saya memilih AV karena dekoder terhubung dengan kabel RCA / AV biasa. Lanjutkan dengan memilih tombol panah kanan  kembali.

ir-extender-07

Bagian terakhir yaitu bagian Set-top box Control Test adalah bagian pemeriksaan. Cobalah untuk menekan tombol-tombol pemilihan channel pada remote TV. Jika channel berubah maka konfigurasi yang dilakukan sudah benar dan kita bisa memilih tombol Yes sebagai konfirmasi.

ir-extender-08

Sampai tahapan ini, pengaturan Universal Remote sudah selesai. Pilih Tombol Exit untuk keluar.

ir-extender-09

Sebagai tambahan untuk konfigurasi ini, kita pun dapat merubah nama Skyworth menjadi nama yang mudah dikenal. Caranya masuk kembali ke pengaturan Universal Remote lalu pilih Skyworth dan pilih Rename.

ir-extender-10

Masukan nama yang dikehendaki untuk menggantikan nama defaultnya yaitu Skyworth, sebagai contoh saya memasukan nama TelkomVision.

ir-extender-11

Pengaturan lainnya untuk Universal Remote ini yang cukup berguna juga adalah Sync with TV power, dimana kita dapat mematikan perangkat eksternal dari remote TV juga :)

ir-extender-12

Dan sampai sini maka perangkat eksternal kita, dalam contoh ini yaitu Dekoder TelkomVision sudah bisa saya remote dengan menggunakan remote TV Samsung saja sehingga remote Dekoder bawaan bisa saya simpan sebagai cadangan. Memang tidak semua fitur pada Dekoder bisa diambil alih oleh remote TV melainkan hanya fitur-fitur dasarnya saja, seperti misalnya untuk berpindah channel ataupun mengatur volume. Tapi rasanya hanya itu saja kan yang umum digunakan saat menonton :)

Sebagai penutup, tulisan ini hanya sekedar iseng saja, memanfaatkan waktu akhir tahun yang relatif agak santai untuk ngoprek hal-hal yang sama sekali tidak pernah disentuh sebelumnya :D. Mudah-mudahan ada gunanya buat siapa saja yang kebetulan nyasar ke weblog ini :)

Catatan:
Perangkat yang saya gunakan dalam tulisan ini adalah Samsung Smart-TV UE32F6400AK (Series 6) serta Dekoder TelkomVision Skyworth TM-9000.

Leave a Reply