Menggunakan Fungsi IF Bercabang Untuk Menampilkan Nama Bulan Sebelumnya


Tulisan ini merupakan jawaban untuk sebuah kasus pada aplikasi Microsoft Excel dari seorang rekan. Kasusnya adalah bagaimana caranya menampilkan data berupa nama bulan, dimana nama bulan tersebut adalah nama bulan sebelum bulan pada sel yang lainnya. Sebagai contoh perhatikan gambar dibawah ini. Misalkan saja pada sel B3 berisikan data Maret maka di sel C3 secara otomatis harus menampilkan data bulan sebelum bulan Maret yaitu Februari. Jika misalkan data pada sel B3 diganti menjadi Desember maka data pada sel C3 juga harus berubah menjadi November, dan demikian seterusnya.

excel kasus nama bulan 01

Mungkin ada banyak cara untuk menyelesaikan kasus ini, namun cara yang langsung terlintas dalam pikiran saya dan kemungkinan paling gampang untuk diterapkan adalah menggunakan bantuan fungsi IF Bercabang (Nested IF) yang kebetulan pernah saya tulis di TechNet Wiki. Aturan penggunaan IF Bercabang ini adalah sebagai berikut:

=IF(kondisi_1;nilai_TRUE1;(IF(kondisi_2;nilai_TRUE2;nilai_FALSE)))

Keterangannya adalah sebagai berikut:

  • Lihat kondisi_1, jika terpenuhi maka gunakan nilai_TRUE1.
  • Jika kondisi_1 tidak terpenuhi, maka lihat kondisi_2.
  • Jika kondisi_2 terpenuhi, maka gunakan nilai_TRUE2.
  • Jika kondisi_2 tidak terpenuhi, maka gunakan nilai_FALSE.
  • dan seterusnya…

Mengingat nama bulan ada 12, maka kondisi dalam fungsi tersebut tentunya akan berjumlah 12 juga. Dengan demikian, pada sel C3 fungsi akhirnya adalah sebagai berikut:

=IF(B3=”Desember”,”November”,(IF(B3=”November”,”Oktober”,(IF(B3=”Oktober”,”September”,(IF(B3=”September”,”Agustus”,(IF(B3=”Agustus”,”Juli”,(IF(B3=”Juli”,”Juni”,(IF(B3=”Juni”,”Mei”,(IF(B3=”Mei”,”April”,(IF(B3=”April”,”Maret”,(IF(B3=”Maret”,”Februari”,(IF(B3=”Februari”,”Januari”,(IF(B3=”Januari”,”Desember”,”Sel Kosong atau Nama Bulan Salah!”)))))))))))))))))))))))

Penjabaran sederhana dari rangkaian fungsi tersebut adalah jika sel B3 berisi Desember maka isikan November pada sel C3, namun jika bukan maka masuk ke kondisi berikutnya, yaitu periksa apakah sel B3 berisi November, jika ya maka isikan Oktober namun jika bukan maka masuk ke kondisi berikutnya, dan demikian seterusnya.

excel kasus nama bulan 02

Jika sel B3 tidak berisikan nama bulan atau tidak berisi data apapun, maka sel C3 akan menampilkan data Sel Kosong atau Nama Bulan Salah.

excel kasus nama bulan 03

Demikian tulisan yang singkat ini dan mudah-mudahan ada gunanya buat siapa saja yang kebetulan nyasar ke weblog ini :)

Be the first to comment

Leave a Reply