Menggunakan Ink Tools pada Microsoft Office

Ada satu fitur menarik pada aplikasi Microsoft Office yang mungkin terlupakan, yaitu fitur Ink Tools. Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan kita untuk menambahkan anotasi, highlight, atau coretan apapun pada file-file Office, baik file Word, ExcelPowerPoint, dan tentunya OneNote.

Jika tipe stylus yang digunakan merupakan Active Stylus, biasanya fitur Ink Tools ini secara otomatis akan ditampilkan sebagai Contextual Menu pada Ribbon saat Stylus didekatkan pada layar perangkat. Namun jika ternyata tidak tampil, tinggal periksa pada Options > Customize Ribbon > Tools Tabs, kemudian pastikan bahwa Ink Tools telah diaktifkan seperti tampak pada gambar berikut ini.

Menggunakan Ink Tools pada Microsoft Office

Atau, fitur Ink Tools ini juga bisa ditambahkan secara manual kedalam Ribbon ataupun pada Quick Access Toolbar. Tinggal pilih Tools Tab pada Choose commands from, pilih Pens, dan klik tombol Add >> seperti tampak pada gambar berikut ini.

Menggunakan Ink Tools pada Microsoft Office

Dengan adanya fitur Ink Tools ini, maka dengan mudah kita bisa menambahkan coretan apapun pada file-file Office kita. Contohnya dapat dilihat pada gambar berikut ini dimana saya dengan mudah menambahkan highlight dan coretan lainnya pada aplikasi Word.

Menggunakan Ink Tools pada Microsoft Office

Agar lebih jelas tentang penggunaan Ink Tools ini, Anda bisa melihat demo pada ScreenCast yang saya buat di Youtube berikut ini.

Demikian dan mudah-mudahan ada gunanya buat siapapun yang sudah nyasar ke weblog ini :)

Leave a Reply