Menggunakan Standard Keyboard Layout pada Windows 10

Bagi yang menggunakan Windows 10 pada perangkat Tablet atau Laptop dengan layar sentuh pasti sudah mengenal struktur On-Screen Keyboard yang layoutnya sangat sederhana seperti gambar berikut ini.

image

Susunan keyboard yang sederhana ini memungkinkan kita untuk mengetik secara cepat dengan menampilkan tombol-tombol keyboard yang umum digunakan untuk keperluan pengetikan biasa. Sekarang bagaimana jika kita ingin menggunakan tombol-tombol Function seperti F1, F2, dst dengan keyboard tersebut?

Solusinya mudah, kita tinggal mengaktifkan Standard Layout untuk On-Screen Keyboard tersebut karena kondisi defaultnya masih non-aktif. Caranya sebagai berikut.

Tampilkan jendela Settings, lalu pilih Devices, dan di bagian kiri pilih Typing. Kemudian geser switch ke posisi On pada pilihan Add the standard keyboard layout as a touch keyboard option seperti tampak pada gambar berikut ini.

image

Hasilnya dapat dilihat pada gambar berikut ini. On-Screen Keyboard kini menggunakan layout seperti keyboard fisik yang biasa kita gunakan :)

image

Dan untuk menggunakan tombol-tombol Function, kita tinggal tap pada tombol Fn.

image

Demikian dan mudah-mudahan tips singkat ini ada gunanya buat siapapun yang udah nyasar ke weblog ini :)

Leave a Reply