Menggunakan Windows Anytime Upgrade pada Windows 7

Salah satu fitur menarik dari Windows Vista dan Windows 7 adalah fitur yang dinamakan dengan Windows Anytime Upgrade (WAU). Fitur ini memungkinkan kita untuk melakukan upgrade ke edisi Windows yang lebih tinggi tanpa harus melakukan instalasi ulang Windows lagi. Pada Windows Vista untuk melakukan WUA ini kita harus menggunakan media kit (DVD) khusus dengan label WAU Ready yang hanya tersedia di beberapa regional tertentu saja. Dan prosesnya sendiri bisa dibilang relatif cukup lama karena hampir sama dengan melakukan instalasi Windows dari awal.

Sementara untuk Windows 7, WAU ini lebih dipermudah dimana kita tidak perlu menggunakan media kit khusus karena saat kita menginstall Windows 7, semua komponen sebetulnya telah ikut terinstall didalam PC dalam kondisi pre-install atau tinggal diaktifkan saja. Sehingga yang kita butuhkan untuk melakukan WAU ini hanyalah lisensi / product key-nya saja yang tersedia secara retail. Pada Windows 7, proses WAU ini juga bisa dibilang cukup singkat, yaitu hanya sekitar 10 menit saja :)

Berikut ini contoh cara menggunakan WAU pada Windows 7 Professional yang akan diupgrade menjadi Windows 7 Ultimate.

Pertama kali, cek edisi Windows 7 yang digunakan pada Computer Properties. Dari gambar terlihat bahwa Windows 7 yang terpasang adalah Windows 7 Professional Edition.

image[28]

Untuk langsung menjalankan WAU ini, klik pada pilihan Get more features with a new edition of Windows 7. Cara lainnya bisa juga dengan mengetikkan Windows Anytime Upgrade di kolom Search pada menu Start Windows atau langsung klik saja shortcutnya di menu Program.

image[42]

Kotak dialog pertama meminta kita untuk memasukan product-key. Ketikan product-key yang valid lalu klik tombol Next untuk melanjutkan.

image[41]

Product-key yang telah kita masukan akan di-verifikasi, tunggu beberapa saat hingga selesai.

image[40]

Berikutnya klik tombol Next untuk menyetujui License Term yang diajukan Microsoft.

image[39]

Kotak dialog berikutnya berupa informasi yang meminta kita untuk menutup semua program yang mungkin masih dalam kondisi terbuka. Pada kotak dialog ini juga dijelaskan bahwa proses upgrade akan dijalankan sekitar 10 menit dan mungkin PC akan melakukan restart secara otomatis. Klik tombol Upgrade untuk langsung memulai proses WAU ini

image[38]

Proses WAU akan langsung dijalankan. Tunggulah beberapa saat hingga PC akan merestart secara otomatis.

image[36]

Setelah proses WAU ini selesai, kita dapat memeriksa kembali pada Computer Properties. Dan hasilnya terlihat bahwa edisi Windows kini telah di-upgrade menjadi Windows 7 Ultimate Edition dengan cara yang sangat sederhana dan relatif cepat :)

image[35]

Catatan:

Demikian dan mudah-mudahan tulisan singkat ini ada gunanya :)

 

Leave a Reply