Menghentikan Sementara (Pause) Tampilan BSOD pada Windows 7

Blue Screen of Death atau yang sering disingkat dengan BSOD saja adalah istilah yang sangat populer dikalangan para pengguna sistem operasi Windows. Disebut BSOD karena sistem operasi Windows akan menampilkan layar berwarna biru jika mengalami kesalahan sistem atau error. Kesalahan atau error ini bisa diakibatkan oleh banyak hal, misalnya oleh database registry yg corrupt, driver yang tidak sesuai, memory yang rusak, dan lain sebagainya.

BSOD menampilkan juga sederetan kode ataupun istilah teknis tertentu. Harapan agar Windows masih dapat diperbaiki sebelum memutuskan untuk melakukan re-install sistem Windows secara keseluruhan jelas masih ada, yaitu dengan melacak kesalahan yang terjadi berdasarkan kode / istilah dalam BSOD tersebut. Referensi untuk kode / istilah teknis tersebut dapat dicari dengan mudah di Internet.

image[8]

Sayangnya kode maupun istilah tersebut sulit sekali untuk dilihat, hal ini dikarenakan saat BSOD ditampilkan, Windows umumnya akan langsung me-restart. Sebagai solusinya, kita dapat mengatur agar saat terjadi kesalahan yang menyebabkan BSOD ditampilkan maka tampilan BSOD tersebut akan di-pause atau dihentikan hingga setidaknya kita dapat melihat sekaligus mencatat beberapa hal yang sekiranya bisa membantu kita untuk melacak kesalahan tersebut. Cara untuk mem-pause tampilan BSOD tersebut pada sistem operasi Windows 7 adalah sebagai berikut.

Buka System Properties Windows lalu klik tab Advanced. Pada bagian Startup and Recovery, klik tombol Settings.

image[2]

Berikutnya jendela Startup and Recovery akan ditampilkan. Pada bagian System failure, hilangkan tanda ceklist di bagian Automatically Restart lalu klik tombol OK dan tutup jendela System Properties.

image[5]

Dan mulai saat ini, jika sistem Windows kita mengalami kesalahan sistem hingga menyebabkan BSOD, maka tampilan BSOD tersebut akan di-pause dan memberikan kesempatan bagi kita untuk mencatat sekaligus menganalisa kesalahan apa yang terjadi.

Demikian dan mudah-mudahan tulisan singkat ini gunanya :)

 

Leave a Reply