Menghitung Nilai PPDB SMA 2020 dengan Rumus Kalibrasi pada Excel


Menghitung Nilai PPDB SMA 2020 dengan Rumus Kalibrasi pada Excel

Anak saya yang kelas 3 SMP berencana hendak melanjutkan ke SMA lewat jalur PPDB di kota Bandung, Jawa Barat. Sebelum memilih SMA yang mana, jelas saya harus punya gambaran berapa nilai akhir yang didapat anak saya. Kebetulan untuk perhitungan nilai akhir ini sudah dimuat pada dokumen sosialisasi final PPDB SMA Jawa Barat yang dirilis tanggal 3 Mei 2020, serta dokumen Juknis PPDB tanggal 6 Mei 2020.

Pada juknis serta dokumen sosialisasi ini, perhitungan nilai akhir menggunakan rumus kalibrasi seperti berikut ini.

Menghitung Nilai PPDB SMA 2020 dengan Rumus Kalibrasi pada Excel

Untuk mempermudah, pada dokumen juga disertakan contoh perhitungannya dalam bentuk tabel seperti berikut ini.

Menghitung Nilai PPDB SMA 2020 dengan Rumus Kalibrasi pada Excel

Setelah mendapat penjelasan yang cukup lengkap, langsung saya coba untuk menghitung secara manual berapa nilai akhir anak saya dengan rumus kalibrasi ini. Namun ternyata lumayan lama dan memusingkan, mungkin karena rumus kalibrasi ini menurut saya terbilang agak rumit juga :D

Agar lebih mudah, akhirnya saya buat dalam tabel Excel, lalu menggunakan beberapa formula dan fungsi dasar, sedikit dirapihkan, dan akhirnya selesai :)

Menghitung Nilai PPDB SMA 2020 dengan Rumus Kalibrasi pada Excel

Tabel yang saya buat ini juga berbeda dengan tabel panduan pada juknis, tujuannya agar lebih mudah saat entri data juga lebih nyaman untuk dipandang mata :D

Jika rekan-rekan membutuhkan file ini, link downloadnya berikut ini:

http://arhiez.net/?smd_process_download=1&download_id=4951

Cara pengisian tabel tersebut sebagai berikut:

  • Nilai yang diisi hanya nilai pada sel yang berwarna abu-abu. Sel-sel lainnya akan terisi secara otomatis karena sudah ada formulanya, jadi hati-hati jangan sampai terhapus.
  • Untuk nama pada sel C3 jelas bebas, tidak diisi juga tidak masalah.
  • Sel L3 diisi dengan nilai rata-rata UN sekolah. Berapa nilainya? Silahkan tanyakan ke pihak sekolah rekan-rekan.
  • Sel L17 diisi dengan nilai P yang besarnya antara 0.5 s/d 0.9. Berapa besaran pastinya? Silahkan ditanyakan ke pihak sekolah.
  • Dan yg terakhir, rekan-rekan tinggal mengisikan nilai rata-rata tiap mata pelajaran per semester pada sel E12 hingga I18.
  • Jika sudah, secara otomatis nilai akhir PPDB SMA di Jawa Barat dengan rumus kalibrasi ini akan ditampilkan pada sel yg berwarna kuning, yaitu pada sel D6 dan D7.

Barangkali ada yang ingin tahu penjelasan singkat formula yang saya gunakan termasuk cara pengisian pada tabel ini, saya sudah buatkan juga videonya di Channel YouTube saya:

Demikian dan mudah-mudahan bermanfaat bagi rekan-rekan yang kebetulan anaknya mau masuk SMA di Jawa Barat pada tahun 2020 ini, dan mudah-mudahan bermanfaat juga bagi rekan-rekan yang sedang mempelajari formula dan fungsi pada Excel.

Catatan:

  • Mohon komentar dan konfirmasinya jika ada kesalahan dalam perhitungan rumus kalibrasi ini.
  • Rumus kalibrasi ini untuk perhitungan nilai akhir PPDB SMA di Jawa Barat saja. Untuk daerah lainnya mohon maaf saya kurang tahu :)
  • Situs resmi PPDB Provinsi Jawa Barat: https://ppdb.disdik.jabarprov.go.id/

8 Comments

  1. Kenapa dibuat rumit dan msh ada unsur konstanta dr masing2 sekolah? Prinsipnya kan mengkalibrasi nilai rapor thd nilai UN? Kalau saya sih sederhana saja Nilai akhir = Total nilai rapor peserta x ( nilai rata2 UN 3 th terakhir sekolah asal / nilai rata2 rapor sekolah asal). Nah yg didalam kurung itu faktor booster.

Leave a Reply