Mengontrol Perangkat Android dari Windows dengan Mobizen

Dalam dunia komputer Anda tentunya mengenal istilah remote, yaitu istilah untuk mengontrol perangkat lain dengan perangkat yang kita gunakan. Untuk perangkat berbasis Android, baik Tablet maupun Smartphone, banyak apps yang bisa Anda gunakan agar smartphone tersebut bisa mengontrol komputer / laptop Anda. Sekarang bagaimana jika sebaliknya? yaitu mengontrol perangkat Android dengan komputer atau laptop Anda yang menggunakan sistem operasi Windows?

Untuk melakukan hal tersebut, Anda dapat menggunakan app yang bernama Mobizen. App ini tersedia secara gratis dan bisa Anda dapatkan pada Google Play Store. Dan karena perangkat Android tersebut akan dikontrol oleh Windows, maka Anda juga harus menginstall aplikasi pengontrolnya yang bisa di-download secara gratis di situs resmi Mobizen.

mobizen-01

Mobizen dapat terhubung dengan kabel data USB maupun Wireless. Selain fasilitas remote, Mobizen juga menyediakan banyak fitur-fitur lainnya yang luar biasa, seperti misalnya fitur backup untuk data-data pada perangkat Anda; kemudahan transfer file dari Windows ke perangkat Android maupun sebaliknya; on-screen drawing; perekaman layar; dan lain sebagainya. Jika Anda seorang developer untuk platform Android dan ada kebutuhan untuk mem-presentasikan ataupun mendemokan app yang Anda buat pada PC / Laptop, maka Mobizen ini juga jelas akan sangat membantu Anda.

Setelah menggunakan Mobizen ini, saat bekerja di depan laptop, saya bahkan hampir tidak pernah menyentuh ponsel lagi. Ponsel cukup disimpan diatas meja, bahkan didalam laci. Chat via Whatsapp, cek BBM, browsing di Instagram, dan semua aktifitas lainnya yang biasa dilakukan pada ponsel kini bisa dijalankan cukup dengan mengontrolnya via laptop. Demikian halnya jika ada panggilan / telepon masuk, dengan bantuan sebuah earphone bluetooth maka ponsel tetap tersimpan dengan rapih tanpa menyentuhnya sedikitpun :)

mobizen-02

Penasaran ingin mencobanya? silakan download app-nya di Google Play Store: http://play.google.com/store/apps/details?id=com.rsupport.mvagent

Dan download aplikasi remote-nya bagi Windows di situs resmi Mobizen: http://mobizen.com

Di situs tersebut juga sudah tersedia panduan langkah demi langkah jika Anda kesulitan saat menjalankan / menggunakan aplikasi ini, atau bisa juga dengan melihat tutorial dari pengembangnya di Youtube.

 

Demikian dan mudah-mudahan tulisan singkat ini ada gunanya bagi siapa saja yang kebetulan nyasar ke weblog ini :)

Catatan:
Mobizen ini saya gunakan pada laptop Lenovo Ideapad Z360 dengan sistem operasi Windows 8 serta smartphone Samsung Galaxy Note II (N7100) dengan sistem operasi Android 4.1.2 Jelly Bean.

Leave a Reply