Menjalankan Office 2010 dan Office 2013 Customer Preview Secara Berdampingan

Tulisan ini sebetulnya untuk menjawab beberapa email masuk yang umumnya menanyakan apakah Office 2010 dan Office 2013 Customer Preview bisa dijalankan secara berdampingan? Pertanyaan ini mungkin terkait dengan baru dirilisnya Office 2013 Customer Preview ke kalangan publik dan banyak yang ingin mencobanya namun enggan untuk melakukan upgrade atau takut terjadi sesuatu dengan Office 2010 yang sudah terpasang.

Nah, kembali ke pertanyaan-pertanyaan tadi, maka jawabannya adalah bisa!. Jika ada yang ingin mencoba rilis Office terbaru ini maka Office 2010 yang sudah terpasang / terinstall tidak usah di-uninstall terlebih dahulu. Hanya saja cara instalasinya tidak bisa dengan cara biasa namun harus dengan metode instalasi Click-to-Run yang kebetulan sudah saya tuliskan juga di weblog ini.

Dengan menggunakan metode instalasi tersebut maka kita dapat menjalankan kedua versi Office secara berdampingan dimana masing-masing Office tetap memiliki seting dan konfigurasi yang terpisah satu sama lain. Sebagai bukti, kedua gambar berikut ini memperlihatkan aplikasi Word 2010 dan Word 2013 Customer Preview yang saya jalankan secara berdampingan (klik gambar untuk memperbesar).

sidebyside-01

sidebyside-02

Sekedar saran, dengan mengingat versi Office 2013 ini yang baru sekedar “preview”, maka sebaiknya memang gunakan saja metode Click-to-Run tersebut karena yang namanya preview pastinya masih belum sempurna atau masih banyak kekurangan. Jadi untuk pekerjaan sehari-hari tetap menggunakan Office 2010 sembari melakukan eksplorasi untuk rilis Office yang baru ini. Atau sebagai alternatif, jika memang resources komputer mencukupi bisa juga menggunakan virtualisasi, khusus untuk mencoba Office 2013 Customer Preview ini.

Demikian dan mudah-mudahan tulisan singkat ini ada gunanya.

 

Leave a Reply