Menonaktifkan Fitur Protected View pada Office 2010

Dari tulisan sebelumnya kita sudah mengenal fitur Protected View, yaitu sebuah fitur baru yang bisa kita dapatkan pada beberapa aplikasi Office 2010 (Word 2010, Excel 2010, PowerPoint 2010). Fitur yang membatasi fungsi editing file ini memang sangat berguna untuk mengamankan file-file dokumen Office kita, namun beberapa pengguna malah kadang merasa terganggu, terutama untuk pengguna veteran yang memang sehari-hari bekerja dengan file-file Office yang berasal dari berbagai sumber. Nah sekarang bisakah fitur Protected View ini dinonaktifkan..?? jawabannya jelas bisa dan malah sangat mudah. Caranya sebagai berikut.

Jalankan aplikasi Word 2010. Setelah jendela aplikasi Word terbuka, klik menu File lalu klik pada pilihan Options. Pada kotak dialog Word Options yang ditampilkan, di bagian kiri, klik pada pilihan Trust Center dan di bagian kanan, klik pada pilihan Trust Center Settings.

image[2]

Berikutnya kotak dialog Trust Center akan diaktifkan. Klik pada pilihan Protected View di bagian kiri.

image[5]

Di bagian kanan, tinggal hilangkan tanda ceklist pada seting berikut ini:

  • Enable Protected View for files originating from the Internet
  • Enable Protected View for files located in potentially unsafe location
  • Enable Protected View for Outlook attachments

Tutup kotak dialog dengan mengklik tombol OK.

Gunakan cara yang sama untuk menonaktifkan fitur Protected View ini pada aplikasi Excel 2010 dan PowerPoint 2010.

Dan sekarang, jika kita membuka file-file dokumen Office yang berasal dari sembarang sumber, fitur Protected View tidak akan diaktifkan lagi dan file-file tersebut akan langsung terbuka dalam kondisi mode penyuntingan.

Kesimpulan

Mana yang harus dipilih ? apakah fitur Protected View ini harus kita aktifkan atau kita nonaktifkan saja ? Jawabannya jelas ada di tangan pengguna sendiri, jika kita memang mementingkan urusan keamanan di komputer kita, sebaiknya fitur Protected View ini kita biarkan saja tetap aktif. Toh rasanya tidak setiap file yang kita buka harus kita sunting juga :)

Demikian sekedar tulisan singkat untuk menyambung tulisan terdahulu seputar fitur Protected View pada Office 2010. Mudah-mudahan ada gunanya :)

 

Comments 9

Leave a Reply